|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

23 Sep 2021

Layanan Bimbingan Pemustaka Online, Solusi Alternatif di Masa PPKM

Medan Merdeka Selatan, Jakarta – Layanan Bimibingan Pemustaka Online menjadi inovasi Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI dalam menghadirkan solusi alternatif di masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Perpustakaan berperan penting dalam menyediakan informasi dan ilmu pengetahuan bagi siapapun yang membutuhkan. Tentu saja,  peran pustakawan tentunya tidak kalah penting. Banyak yang telah merasakan manfaat dari peran pustakawan, terutama pemustaka yang membutuhkan bimbingan terkait penelusuran informasi untuk penelitian, skripsi, tesis dan semacamnya.

Diberlakukannya PPKM membuat layanan onsite Perpusnas harus ditutup. Namun, tak perlu khawatir karena Perpusnas terus berinovasi dalam menyediakan berbagai Layanan Bimbingan Pemustaka secara online. Penasaran ada apa saja? Yuk, kenali lebih dekat!

Hal yang pertama kali harus dilakukan untuk bisa mengakses semua layanan online Perpusnas adalah mendaftar sebagai anggota. Pendaftaran tidak perlu dilakukan dengan datang langsung ke Layanan Keanggotaan di Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas karena semua dapat dilakukan melalui website keanggotaan.perpusnas.go.id.

Pustakawan Ahli Pertama, Dewi Muliawati, menerangkan bahwa persyaratan pendaftaran hanya memerlukan Nomor Induk Kependudukan (NIK) bagi warga negara Indonesia. Sedangkan, untuk warga asing dapat menggunakan Visa on Arrival atau Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

Salah satu fitur populer layanan Perpusnas menurut Pustakawan Ahli Pertama, Achmad Riyadi Alberto, adalah Layanan Referensi Virtual atau lebih dikenal dengan Ask a Librarian (Tanya Pustakawan). Layanan ini berbentuk live chat di website resmi perpusnas.go.id. Sejak peluncurannya pada bulan Maret 2021 yang bertepatan dengan awal pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), layanan ini telah mendapat respon yang positif dari masyarakat.

“Kami tidak melayanani pemustaka dari Indonesia saja, cakupan kami mencapai internasional. Jadi layanan ini tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris,” terang Alberto.

Apabila informasi yang di dapat dari live chat dirasa belum cukup, pemustaka masih bisa mendapatkan informasi yang lebih mendalam lagi melalui Layanan Referensi Virtual melalui email.

“Layanan ini dimaksudkan untuk menjangkau ke seluruh Indonesia. Layanan surel ini bisa untuk mahasiswa, pelajar, dosen, guru, peneliti, dan khalayak umum yang membutuhkan rujukan bahan bacaan rekomendasi untuk penelitian,” kata Pustakawan Ahli Pertama, Ayu Kartika Putri.

Selain Layanan Referensi Virtual, Perpusnas menghadirkan layanan terbaru yakni Layanan Diseminasi Informasi Terseleksi. Pustakawan Ahli Pertama, Dede Gumilar, menjelaskan bahwa layanan ini bertujuan untuk menyebarluaskan informasi terpilih yang juga disesuaikan dengan minat dan kebutuhan pemustaka. Ada juga Layanan Pengemasan Ulang Informasi.

“Kita mengemas ulang kembali informasi menjadi dalam bentuk yang lebih menarik disesuaikan dengan kebutuhan,” tutur Dede.

Ketua Kelompok Layanan Bimbingan Pemustaka, Yuli Maryani, mengungkapkan Bimbingan Pemustaka adalah salah satu layanan paling diminati bagi pengunjung Perpusnas. Dengan diberlakukannya PPKM, Perpusnas berinovasi dengan menyediakan layanan ini secara online melalui aplikasi Zoom.

“Kami melakukan ini karena agar masyarakat tetap dapat bimbingan dalam mengumpulkan sumber informasi yang dibutuhkan secara efektif dan efisien walau tidak bertemu secara tatap muka dengan pustakwan,” ungkap Yuli.

Perpusnas dalam upaya memberikan layanan terbaik untuk masyarakat juga meluncurkan Layanan Radio yaitu Radio Widya Bahana Suara (WBS). Ada berbagai program menarik yang dapat didengarkan seperti Audiobook, Ruang Literasi (Ruli), Cerita BUKI, Pesona Nusantara dan program menarik lainnya.

“Kami sangat terbuka lebar menerima masukan atau saran dari Sahabat Perpusnas untuk disiarkan di Radio WBS atau acara-acara podcast,” ajak Pustakawan Ahli Pertama, Andriyas Suseno.

Kegiatan Sosialisasi Layanan Digital Perpusnas: Tanya Pustakawan Virtual, Bimbingan Pemustaka Online, Diseminasi Informasi, Terseleksi dan Radio WBS yang diselenggarakan secara online pada Kamis (23/9/2021) merupakan bagian dari rangkaian acara  dalam rangka memperingati Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2021.

Reporter: Noviani Maghfiroh



Diunggah oleh admin