|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

21 Sep 2021

Lestarikan Sejarah Lewat Naskah, Perpusnas Gelar Webinar Sosialisasi Naskah Nusantara

 

Medan Merdeka Selatan, Jakarta – Dalam rangka Hari Kunjung dan Bulan Gemar Membaca tahun 2021, Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI menyelenggarakan Sosialisasi Naskah Nusantara, pada Selasa (21/9/2021) secara daring.

Dalam kegiatan yang diisi oleh Pustakawan Perpusnas di Pusat Jasa Informasi Perpustakaan dan Pengelolaan Naskah Nusantara ini, memaparkan tentang Grha Literasi, Layanan Koleksi Naskah Nusantara yang berada di lantai 9 Gedung Layanan Perpusnas, cara mengakses naskah yang telah dialih bentuk menjadi digital, serta terbitan naskah nusantara. Pada periode PPKM ini, masyarakat disarankan mengkases Layanan Koleksi Naskah Nusantara melalui website yang tersedia. 

Pustakawan Perpusnas Haniatur Rosyidah menjelaskan, sebanyak 3.054 koleksi digital naskah kuno terdapat dalam Khasanah Pustaka Nusantara (Khastara). Khastara dapat diakses secara online dengan mengunjungi laman khastara.perpusnas.go.id.

“Biasanya yang paling diminati para akademisi, peneliti atau mahasiswa, yakni Jurnal Manuskrip Nusantara atau Jumantara. Untuk e-Journalnya dapat diakses melalui laman ejournal.perpusnas.go.id/jm,” terangnya.

Sementara itu, Koordinator Kelompok Substansi Pengelolaan Naskah Nusantara, Yeri Nurta mengatakan, Perpusnas saat ini memiliki naskah yang diakui sebagai Memory of the World, diantaranya adalah I La Galigo dan Negarakertagama.

“Perpusnas saat ini nomination dengan Perpustakaan Universitas Leiden mengajukan Naskah Hikayat Aceh untuk Memory of the World. Progres sampai saat ini adalah kita sudah selesai pengisian form Memory of the World dan sedang di-review oleh pimpinan. Semoga naskah Hikayat Aceh ini bisa menjadi menjadi Memory of The World,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Yeri menjelaskan, bagi masyarakat umum yang memiliki naskah kuno juga dapat mendaftakan naskahnya ke laman pernaskahan.perpusnas.go.id. Jika naskah sudah terverifikasi, naskah dapat diakes untuk umum melalui laman tersebut.

Sementara itu, bagi masyarakat yang  ingin menulis terkait kajian naskah kuno bisa mendaftarkan tulisannya ke ejournal Jumantara. Ingin tahu lebih lanjut mengenai naskah kuno? Masyarakat dapat melihat akun instagram Layanan Naskah Nusantara adalah @naskah_nusantara dan akun Facebook Naskah Kuno Perpusnas RI.   

 

Reporter : Syifa Azka Layalia

 

 



Diunggah oleh admin