|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

20 Sep 2021

E-Resources, Bukti Komitmen Perpusnas Kepada Seluruh Masyarakat Indonesia

Jakarta – Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI berkomitmen dalam memberikan layanan kepada masyarakat Indonesia dengan hadirkan e-Resources.

Banyak perubahan kebiasaan yang terjadi di masa pandemi. Hal tersebut memaksa masyarakat untuk mulai membiasakan diri bekerja maupun bersekolah dari rumah. Sehingga, kebutuhan akan akses informasi secara digital makin meningkat.

Sebagai salah satu perpustakaan terbaik di dunia dalam hal open access jurnal ilmiah, Perpusnas hadir memberikan kemudahan dalam hal akses digital dengan melanggan jurnal ilmiah. Ada sekitar 4 milyar artikel yang dapat digunakan oleh seluruh masyarakat di Indonesia.

Dalam upaya lebih menyebarluaskan fungsi dari e-Resources, Perpusnas dan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI) bekerja sama dalam menyelenggarakan Sosialisasi e-Resources Perpusnas: Sesi Sulawesi secara daring, Senin (20/9/2021). Kegiatan ini juga termasuk dalam salah satu  rangkaian acara peringatan Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2021.

Dalam sambutannya Koordinator Substansi Penyusunan Media  dan Layanan Informasi, Yuliatri Bunga mengungkapkan bahwa Perpusnas berkomitmen untuk tetap dapat memberikan layanan perpustakaan dan informasi kepada masyarakat selama masa pandemi Covid-19.

“Layanan Perpusnas dapat dinikmati masyarakat Indonesia baik tatap muka maupun online. Layanan online Perpusnas tidak tergantung buka atau tutupnya gedung layanan perpustakaan untuk memperluas jangkauan layanan ke seluruh wilayah nusantara,”  ungkap Yuliatri.

Lebih lanjut, Yuliatri menambahkan dalam meningkatkan layanan online pada masyarakat, Perpusnas terus mengadakan koleksi digital yang berkualitas secara berkesinambungan dan berkelanjutan untuk mendukung kegiatan belajar sepanjang hayat bagi masyarakat dan mengakomodir semua kebutuhan masyarakat akan informasi yang beragam.

Kegiatan ini menghadirkan dua orang narasumber, antara lain Sekretaris Jenderal FPPTI, Amirul Ulum dan Ketua Komisi IV FPPTI, Suwondo. Keduanya berkesempatan untuk secara teknis lebih memperkenalkan tata cara penggunaan e-Resources kepada peserta webinar.

Pada kesempatan yang sama, Amirul juga mengajak para pustakawan maupun pengelola perpustakaan di perguruan tinggi agar lebih optimal dalam memanfaatkan layanan e-Resources yang ada di Perpusnas guna mendukung kegiatan belajar mengajar di perguruan tinggi masing-masing.

Reporter: Fauzan Abdi



Diunggah oleh admin