|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

21 Sep 2021

Perpustakaan Sediakan Informasi Penelusuran Bagi Peneliti

Medan Merdeka Selatan, Jakarta -- Perpustakaan sangat berperan penting menyediakan sebuah informasi penelusuran bagi peneliti, mahasiswa, dosen dan pustakawan.

Pustakawan Universitas Indonesia, Soni Purwoko menyampaikan, penelusuran informasi akan lebih mudah dengan kata kunci suatu pencarian bahan sebuah penelitian.

"Perjalanan penelitian diawali dengan indentifikas informasi. Hal ini merupakan pondasi untuk melakukan proses penelusuran sebuah informasi," terangnya dalam Sosialisasi e-Resources Perpustakaan Nasional (Perpusnas) untuk wilayah Kalimantan yang digelar secara daring pada Selasa, (21/9/2021).

Soni menjelaskan, e-Resources Perpusnas dapat menjadi bahan rujukan dalam proses penelitian maupun pembuatan skripsi, tesis, atau jurnal. Dengan menggunakan kata kunci yang bekaitan dengan topik yang akan ditelusur secara tepat.

"Namun perlu diingat, untuk menggunakan layanan e-Resources, wajib menjadi anggota Perpusnas terlebih dahulu," pesannya.

Sementara itu, Pustakawan Universitas Gajah Mada Purwani Istiana menjelaskan, sebagai pemustaka harus memliki keterampilan dalam menelusur sebuah informasi. Diantaranya, keterampilan pemahaman jenis koleksi, cakupan subjek database, batasan penelusuran, pemanfaatan fitur database dan pengaturan file atau folder.

“Dalam memudahkan penelusuran database, pencarian informasi referensi di perpustakaan UGM, di laman databasenya sudah dicantumkan link untuk mengakses database Perpustakaan Nasional,” tutur Purwani.

Menurut Purwani, ini sangat memudahkan mahasiswa yang sedang menulusur sebuah referensi ebook, jurnal, dan tesis dapat langsung mencari di e-Resources Perpusnas.

"Jadi mahasiwa sangat dimudahkan dalam proses penelusuran informasi untuk pembuatan skripsi, tesis atau penelitian," lanjutnya.

Acara sosialisasi ini diselenggarakan dalam rangka Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca Tahun 2021 dengan berkolaborasi dengan Forum Perpustakaan Perguruan Tinggi Indonesia (FPPTI). Kegiatan ini dihadiri sekitar 600 peserta yang mengikuti melalui aplikasi zoom dan kanal youtube Perpustakaan Nasional.


Reportase : Arie Zani Purnomo



Diunggah oleh admin