|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

12 Apr 2021

Pelaksanaan Penandatanganan Naskah Kerja Sama di Bidang Perpustakaan antara Perpustakaan Nasional RI dengan LNR "Perpustakaan Akademik Nasional Republik Kazakhstan"

Jakarta-Perpustakaan Nasional RI menciptakan momentum bersejarah, yaitu penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Perpustakaan Nasional Republik Indonesia Dengan LNR “Perpustakaan Akademik Nasional Republik Kazakhstan” dalam bidang perpustakaan via virtual di gedung layanan Perpustakaan Nasional. (12/04)

Dalam pidato pembukaan oleh Yang Mulia Mr. Daniyar Sarekenov, Duta Besar Republik Kazakhstan untuk Indonesia,  menyatakan rasa terima kasih atas kegiatan yang telah terjalin sebelumnya yaitu pameran budaya Kazakhstan yang diadakan tahun lalu di gedung layanan Perpustakaan Nasional RI, “Saya sangat gembira, akibat covid-19 yang kita alami sejak tahun lalu, kerja sama dengan Republik Indonesia berhasil dikembangkan termasuk diselenggarakannya presentasi dari buku terjemahan Kata – Kata Penyembuhan karya Abai Qunanbayuly”

Tujuan dari nota kesepahaman bersama ini adalah kerja sama antara para pihak dalam bidang ilmu perpustakaan, bibliografi, pertukaran buku, program budaya, meningkatkan level profesionalisme, preservasi dan konservasi bahan pustaka, pengembangan teknologi digital dalam kepustakawanan kontemporer dan promosi membaca.

Kegiatan ini secara on site dipimpin langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando, yang didampingi oleh beberapa pejabat terkait. Turut hadir pula perwakilan dari Direktorat Asia Selatan dan Tengah oleh Kepala Sub Direktorat III Kementerian Luar Negeri, Bapak Wicaksono. Secara virtual dihadiri oleh Duta Besar Indonesia untuk Kazakhstan, Duta Besar Kazakhstan untuk Indonesia, Kepala LNR “Perpustakaan Akademik Nasional Republik Kazakhstan” beserta para jajaran.

 “Kesepahaman ini merupakan wujud dari keinginan kedua negara untuk memperkuat hubungan bilateral melalui diplomasi budaya, interaksi budaya, people to people contact, yang diharapkan dapat mengenalkan budaya Indonesia ke masyarakat di Kazakhstan, begitu pula sebaliknya” ujar Duta Besar Indonesia untuk Kazakhstan, Yang Mulia Mr. Rahmat Pramono

Professor Umuthan Munalbayeva, selaku Kepala dari LNR “Perpustakaan Akademik Nasional Republik Kazakhstan” mengungkapkan bahwa dengan adanya kerja sama ini, maka akan ada banyak kegiatan yang dapat dilaksanakan bersama, “Dengan adanya kerja sama ini, kami dapat melaksanakan kegiatan bersama seperti perayaan budaya, pendidikan, pameran, konggres internasional termasuk dalam format online”, tuturnya.

Selanjutnya, Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando menuturkan tentang awal mula inisiasi kerja sama, “Kerja sama ini terinisiasi di tahun 2019, pada saat itu kita telah membuat satu pojok baca khusus tentang Kazakhstan serta negara – negara yang telah bekerja sama dengan kami untuk mengadakan pameran secara rutin. Kami mohon kepada Bapak Duta Besar untuk dapat menyampaikan informasi ke seluruh Duta Besar Indonesia di seluruh dunia untuk memanfaatkan secara rutin fasilitas pameran di Perpustakaan Nasional RI”

Harapan juga terlontarkan dari Kepala Perpustakaan Nasional RI bahwa diharapkan kerja sama ini berlangsung efektif di masa mendatang sehingga tercipta kesempatan yang baru dalam pengembangan perpustakaan.

 

Reportase oleh Anastasia Linawati



Diunggah oleh admin