|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

06 Sep 2021

Bantuan MPK Menjadi Solusi Kebutuhan Masyarakat Dairi terhadap Ilmu Pengetahuan

Medan Merdeka Selatan, Jakarta -- Perpustakaan Nasional RI, Senin (13/9) menerima kunjungan dari Bupati Dairi, Eddy Kelleng Ate Berutu yang didampingi oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Dairi, Fatimah Boang. Kunjungan dilakukan untuk menerima secara langsung bantuan Mobil Perpustakaan Keliling (MPK) dan berbagai perangkat pendukungnya.

"Kami mewakili Pemerintah Kabupaten Dairi dan seluruh masyarakat mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan Perpustakaan Nasional dalam bentuk Mobil Perpustakaan Keliling," Ujar Eddy.

Eddy mengaku takjub dengan kualitas teknologi dan kelengkapan fasilitas dari MPK ini. "Ini luar biasa sudah lengkap semuanya termasuk buku-bukunya termasuk (koleksi) digitalnya yang bisa diakses. Termasuk UPS dan lain-lain," Ucap Eddy dengan antusias.

Pemanfaatan MPK ini diharapkan dapat segera dilakukan agar dapat memberi manfaat. "Kami segera akan bawa ke Dairi, dan kita akan mulai turun menyosialisasikan mobil ini sehingga dahaga masyarakat untuk ilmu pengetahuan baik dari buku cetak maupun digital dapat terpenuhi," tambahnya.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan, Deni Kurniadi, menjelaskan berbagai program pengembangan Perpustakaan dari pusat yang bisa diakses oleh Kabupaten Dairi. Setelah sebelumnya sudah mengajukan Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk Pembangunan Gedung untuk tahun 2022, Dairi dapat melakukan pengajuan untuk DAK Fisik Perpustakaan di tahun 2023 berupa menu perabot, menu TIK, dan menu koleksi."Memungkinkan untuk diusulkan di awal tahun depan, untuk usulan 2023 di Aplikasi Krisna. Kami sarankan untuk perabot dimasukan, kemudian untuk TIK komputer dan periferalnya, dan juga koleksi," ucap Deni.

Deni menambahkan bahwa hal ini sesuai dengan arahan Kepala Perpustakaan Nasional agar daerah yang sebelumnya sudah mendapatkan DAK Gedung, tahun berikutnya untuk mendapatkan perabot TIK, dan Koleksi."Tinggal nanti dari Dinas Perpustakaan yang menyiapkan usulannya, karena tanpa usulan kita tidak bisa eksekusi," tambah Deni.

Sementara itu, Upriyadi, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus menjelaskan secara rinci kelengkapan yang diberikan pada bantuan MPK. Satu unit Mobil Perpustakaan keliling dilengkapi dengan 500 eksemplar buku siap layan, satu unit digital library station, satu unit Smart TV LED 32 inch, empat unit Android Tablet, satu unit genset, dan satu unit multimedia speaker. "Harapan kami adalah bantuan ini bermanfaat dan dapat meningkatkan literasi masyarakat," ujar Upriyadi. 

Reportase: Radhitya Purnama



Diunggah oleh humas