|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

09 Sep 2021

Ciptakan SDM Unggul, Kabupaten Minahasa Butuh Stimulus Perpustakaan

Salemba, Jakarta - Sebagai kabupaten terbesar kedua di Sulawesi Utara, Kabupaten Minahasa membutuhkan stimulus Perpustakaan untuk ciptakan SDM unggul.

Diungkapkan oleh Wakil Ketua DPRD Minahasa, Denni R. Kalangi, saat melakukan kunjungan kerja ke Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI yang terletak di Jalan Salemba Raya no. 28A, Kamis (9/9/2021), bahwa Kabupaten Minahasa berada pada wilayah pegunungan dimana terdapat jarak yang cukup jauh membentang antara satu daerah ke daerah lainnya. Untuk itu, stimulus dan program kerja dari Perpusnas sangat dibutuhkan untuk lebih meningkatkan kualitas dari masyarakat Kabupaten Minahasa.

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus Perpusnas, Upriyadi, merespons niat baik yang disampaikan oleh Wakil Ketua DPRD Minahasa tersebut. Upriyadi menyampaikan, pada dasarnya Perpusnas memiliki enam fungsi utama yakni sebagai perpustakaan pembina, perpustakaan rujukan, perpustakaan penelitian, perpustakaan deposit, pusat jejaring perpustakaan, dan perpustakaan pelestarian. Dengan demikian peran perpustakaan di daerah sangat penting dalam rangka meningkatkan literasi masyarakat.

Lebih lanjut, Upriyadi menambahkan saat ini Perpusnas memiliki beberapa program unggulan, dua diantaranya adalah Pojok Baca Digital (Pocadi) dan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Pocadi merupakan layanan ektensi dari perpustakaan umum yang ditempatkan di area publik, namun tetap dikelola oleh dinas perpustakaan setempat. Sedangkan Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial adalah program pembekalan kepada masyarakat oleh pustakawan yang bekerjasama dengan penyuluh berdasarkan buku-buku ilmu terapan, dalam upaya peningkatan ekonomi keluarga.

“Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial sangat didukung oleh Bappenas bahkan menjadi program prioritas nasional. Sekarang ini perpustakaan tidak hanya mencerdaskan tapi juga mensejahterakan,” jelas Upriyadi.

Pada kesempatan yang sama Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan Sekolah/Madrasah dan Perguruan Tinggi, Nurcahyono, mengatakan Perpusnas memiliki tiga tugas penting antara lain sebagai regulator, stimulator, dan evaluator. Sehingga, perkembangan perpustakaan dengan Standar Nasional Perpustakaan di Kabupaten Minahasa dapat segera terpenuhi.

Pada tahun 2005, Kabupaten Minahasa mendapatkan sebuah unit mobil perpustakaan keliling namun saat ini sudah tidak dapat digunakan. Maka dari itu, pada bulan April 2021, Kepala Perpusnas, Muhammad Syarif Bando, secara simbolis telah menyerahkan sebuah unit mobil perpustakaan keliling kepada Kabupaten Minahasa.

Reporter: Basma Sartika

Fotografer: Prakas Agrestian



Diunggah oleh admin