|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

09 Sep 2021

Perwakilan Jawa Timur Peringkat Pertama Lomba Bertutur Nasional Tingkat SD/MI Tahun 2021

Jakarta- Perwakilan Provinsi Jawa Timur, Pelangi Tunjung berhasil menempati peringkat pertama dalam Lomba Bertutur Bagi Siswa-Siswi SD/MI Nasional Tahun 2021.

Tahun ini mengangkat tema “Membangun Generasi Muda Indonesia Gemar Membaca serta Menumbuhkan Karakter Bangsa Melalui Kecintaan Terhadap Budaya Lokal”. Rutin digelar setiap tahun, lomba bertutur tingkat SD/MI diikuti 34 perwakilan dari setiap provinsi yang sebelumnya telah diseleksi melalui Dinas Perpustakaan di daerah.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas, Deni Kurniadi mengatakan kegiatan tersebut dilakukan untuk mendekatkan anak dengan kekayaan khasanah budaya lokal. Dengan begitu rasa nasionalisme dan cinta tanah air akan secara perlahan ikut terbentuk. Hal tersebut diungkapkan Deni bertepatan dengan Pengumuman Pemenang dan Penutupan Lomba Bertutur Siswa-Siswi SD/MI Nasional Tahun 2021 pada Kamis (9/9/21).

“Dari kandungan bahan bacaan berbasis konten lokal mereka mendapatkan pesan-pesan moral ataupun keluhuran budi pekerti sebagai bagian dari warisan kekayaan Nusantara,” sebutnya.

Selain itu Deni menuturkan bahwa pengembangan budaya baca anak dan pengertian literasi baiknya dilakukan sejak dini. Melalui lomba bercerita ini Deni berharap dapat menggiatkan program gemar membaca di kalangan anak-anak.

“Sejak usia dini, anak-anak perlu ditanamkan sikap saling menghormati, etika sopan santun, rasa belas kasih, bergotong-royong, menerima setiap perbedaan dan toleransi, serta sikap peduli terhadap lingkungan. Sehingga di masa depan nanti mereka tidak hanya menjadi generasi yang cerdas dan berdaya saing namun tetap memiliki kualitas akhlak yang istimewa,” tutur Deni.

Oleh karena itu lanjut Deni, penting untuk menumbuhkembangkan kreativitas anak dalam membaca. Sehingga anak dapat leluasa mencari pengetahuan dan adapatif dalam berifikir. Merupakan tugas Perpusnas dan seluruh masyarakat untuk menjaga generasi penerus bangsa dari terpaan budaya yang dapat merusak proses berpikir di masa mendatang.

Lomba yang diselenggarakan 6-9 September ini bertepatan dengan peringatan Hari Kunjung Perpustakaan yang jatuh setiap tanggal 14 September. Dalam kegiatan yang dilakukan secara daring ini hadir sebagai juri lomba dari berbagai kalangan. Pendongeng Indonesia, Kunduri dan juga Awam Prakoso yang sekaligus pemerhati anak, psikolog anak, Griselda Jane, pegiat literasi, Nanda Julistya, dan Pustakawan Utama Perpusnas Nelwaty.

Berikut nama pemenang Lomba Bertutur Siswa-Siswi SD/MI Nasional Tahun 2021:

Juara 1 - Pelangi Tunjung K, perwakilan Prov. Jawa Timur

Juara 2 - Binar Mutiara Yahya, perwakilan Prov. DI. Yogyakarta

Juara 3 - Najma Hanania Yazid, perwakilan Prov. Banten

Juara Harapan I - Ghina Maulida Junaedi, perwakilan Prov. Sulawesi Selatan

Juara Harapan II - Tiasherany Ayu Syafitri, perwakilan Prov. Sumatera Selatan

Juara Harapan III - Winmay Claudia Arsal Buntu Bamba, perwakilan Prov. Sulawesi Barat

Juara Favorit I - Noia Rasyada M, perwakilan Prov. Jawa Tengah

Juara Favorit II - Demianus Renyaan, perwakilan Prov. Papua Barat

Juara Favorit III - Made Anggun Eza Putri, perwakilan Prov. Bali

Juara Favorit IV - Adinda Khairatul Uzma, perwakilan Prov. Aceh

Juara Favorit IV - Saskya Tryananda, perwakilan Prov. Kalimantan Barat

Juara Favorit V - Keyra Ameera Shafa, perwakilan Prov. Kalimantan Selatan.

Selamat kepada para pemenang!

 

Reporter: Eka Purniawati



Diunggah oleh admin