|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

30 Aug 2021

Ciptakan, Kelola, Manfaatkan, Lestarikan dan Temukan Arsip dalam Tiga Menit

Jakarta - Arsiparis harus mampu menciptakan, mengelola, memanfaatkan, melestarikan dan menemukan arsip dalam tiga menit.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI dalam acara Pengukuhan dan Pelantikan Pengurus Peraturan Arsiparis Perpusnas (Papirus) yang diselenggarakan secara hybrid pada Senin (30/08/2021).

Syarif Bando meminta Papirus berkolaborasi dengan semua unit kerja yang ada di Perpusnas untuk melakukan sayembara dalam hal menciptakan, mengelola, memanfaatkan, melestarikan dan menemukan arsip dalam tiga menit. Karena baginya sebuah organisasi profesi bisa berkolaborasi dengan pihak mana pun untuk menunjukan akselerasi, aktualisasi dan eksistensi yang telah dengan baik dikelola secara akuntabel.

“Organisasi profesi harus berkembang secara professional dengan segala dukungan yang ada,” ucapnya.

Setelah mengucapkan selamat atas terbentuknya organisasi profesi arsiparis Papirus di lingkungan Perpusnas, Syarif Bando mengingatkan bahwa eksistensi sebuah instansi dalam kemampuan manajerial dapat terlihat dari arsip yang dikelola karena akuntabilitasnya ada pada arsip.

“Arsip itu betul-betul menceritakan tentang perjalanan waktu,” jelas Syarif Bando.

Pada kesempatan yang sama Ketua Umum Pengurus Nasional Asosiasi Arsiparis Indonesia (PN-AAI), Andi Kasman, juga menyampaikan apresiasi atas terbentuknya Papirus. Andi mengatakan kelak Papirus dapat berfungsi sebagai forum komunikasi antar arsiparis di lingkungan Perpusnas, sekaligus sebagai bagian integral dari PN-AAI.

Selain itu, Andi berharap Papirus bisa memberikan peningkatan kualitas profesional arsiparis sesuai dengan kedudukan hukum, tupoksi, dan kewenangan arsiparis berdasarkan peraturan perundang-undangan.

“Semoga apa yang dicita-citakan Papirus dapat terwujud sehingga mampu memberikan kontribusi yang nyata bagi masyarakat, bangsa dan negara,” harapnya.

Ketua Papirus, Dewi Kartikasari, dalam sepatah kata berterima kasih untuk respons baik dan dukungan yang telah diberikan oleh semua pihak. Dia berkomitmen atas nama Papirus akan melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin dengan penuh tanggung jawab. Tak lupa, Dewi juga berharap Papirus bisa membawa perubahan, baik untuk organisasi profesi itu sendiri maupun instansi.

Reporter: Basma Sartika    



Diunggah oleh admin