|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

16 Aug 2021

Semangat Meningkatkan Kegemaran Membaca di SMAN 70 Jakarta

Pembudayaan kegemaran membaca merupakan tugas bagi penyelenggara perpustakaan yang bersinergi dengan berbagai pemangku kepentingan. Tidak terkecuali perpustakaan di lingkungan sekolah. Salah satu sekolah tersebut adalah SMAN 70 Jakarta yang mengadakan audiensi dengan Perpusnas. Audiensi diterima langsung oleh Kepala Perpusnas, Muh. Syarif Bando, beserta para Pejabat Eselon I dan beberapa Pejabat Eselon II via daring melalui Zoom Cloud Meeting pada hari Senin (16/08).

Pada kesempatan tersebut, Duta Baca SMAN 70 Jakarta, Nur Asia Uno menyampaikan maksud pertemuan daring. “Jika kondisi perpustakaan nyaman dan koleksi buku lengkap, putra – putri kita pasti senang membaca dan ke perpustakaan. Oleh karena itu, kami mohon arahan dan bimbingan dari Perpusnas terkait penguatan koleksi dan manajemen perpustakaan digital dan pembudayaan kegemaran membaca di SMAN 70 Jakarta”, terang Nur Asia Uno.

Muh. Syarif Bando menyambut baik atas rencana yang disampaikan. “Membaca memang tidak selalu melalui buku cetak, tetapi memang perlu upaya dan kreasi untuk bagaimana menumbuhkan kegemaran membaca anak”, jelas Muh. Syarif Bando.

Sekolah didefinisikan sebagai tempat belajar dan perpustakaan sebagai tempat pembelajaran. Maka, untuk melakukan pendekatan kepada anak diperlukan seorang sosok yang mempunyai gerakan. Hal ini telah diimplementasikan oleh SMAN 70 Jakarta dengan mengangkat Nur Asia Uno, yang dikenal juga sebagai istri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, sebagai Duta Baca.

Turut hadir dalam pertemuan, Kepala SMAN 70 Jakarta, Ratna Budiarti yang memaparkan kondisi kebutuhan informasi. Ratna Budiarti menyatakan bahwa SMAN 70 Jakarta sangat tertarik dalam mengembangkan perpustakaan digital. Hal ini dimaksudkan agar para siswa mendapatkan kesempatan luas untuk mendapatkan informasi terlebih di kondisi pandemi saat ini. Untuk memenuhi kebutuhan informasi secara digital bagi para siswa dan guru di SMAN 70 Jakarta, maka berharap dapat memperoleh akses koleksi digital yang ada di Perpusnas.

Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi, Ofy Sofiana, menanggapi permohonan dari Kepala SMAN 70 Jakarta. “Perpusnas mempunyai koleksi digital dan koleksi tercetak. Koleksi digital dapat dimanfaatkan melalui aplikasi i-Pusnas, e-Resource (e-book dan e-journal) hanya dengan satu syarat yaitu dengan menjadi anggota Perpusnas terlebih dahulu, dengan nomor keanggotaan tersebut kemudian dapat mengakses koleksi digital

Memasifkan pendaftaran untuk menjadi anggota Perpusnas, sesi bimbingan pemustaka dan virtual library tour merupakan beberapa pelayanan yang disediakan oleh Perpusnas bagi kepala sekolah, guru dan tenaga kependidikan, siswa dan orang tua siswa di SMAN 70 Jakarta.

Melalui kegiatan – kegiatan yang direncanakan tersebut, diharapkan SMAN 70 Jakarta menjadi akselerator yang dapat memberikan kebaikan tidak hanya di internal sekolah tetapi secara keseluruhan bagi perkembangan dan kecerdasan bangsa.

 

Reporter : Anastasia Linawati

Dokumentasi : Arie Zani P.



Diunggah oleh Tuty