|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

05 May 2021

Mengenal Ragam Layanan Digital Perpustakaan Nasional RI

Medan Merdeka Selatan, Jakarta- Di masa pandemi Covid19 kegiatan belajar mengajar memang banyak dilakukan secara online atau daring dan banyak membutuhkan fasilitas pembelajaran berbasis digital. Bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional RI, Dharma Wanita Persatuan Sekretariat Kabinet (DWP Setkab) menyelenggarakan webinar bertajuk “Mengenal Ragam Layanan Digital Perpustakaan Nasional RI” yang digelar secara daring pada Rabu (5/5). Kegiatan ini dimaksudkan untuk menambah wawasan dan menunjang proses belajar putra-putri pegawai Setkab.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando mengungkapkan apresisasi atas kerja sama yang terjalin dengan baik antara Perpusnas dengan DWP Setkab yang sudah terjalin selama ini terkait peningkatan literasi. “Kami senang melalui sinergi ini kami dapat memperkenalkan berbagai aplikasi perpustakaan digital yang kami miliki. Dan mudah-mudahan dengan kerja sama ini jangkauan Perpustakaan Nasional semakin luas lagi,” sebutnya.

Melalui kegiatan semacam ini, Kepala Perpusnas juga berharap DWP Setkab terus memberikan dukungan untuk dapat mensosialisasikan berbagai kekayaan bangsa Indonesia yang ada di Perpustakaan Nasional yang tentu dapat dimanfaatkan semua kalangan masyarakat dengan adanya keterlibatan berbagai pihak.

“Perpusnas juga akan terus berupaya memperkaya semua sumber-sumber yang bisa menjadi sarana pembelajaran bagi pembangunan karakter anak-anak Indonesia sesuai dengan visi misi Presiden Jokowi tentang Pembangunan Kualitas SDM 2020-2024,” pungkasnya.

Ketua DWP Setkab Endang Nugrahani Pramono Anung atau yang akrab disapa Hani Pramono Anung mengucapkan terima kasih atas dukungan Perpusnas dalam berbagai kegiatan yang dilakukan. Menurut Hani, dengan mengetahui beragam layanan digital yang dimiliki oleh perpusnas tentu akan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pengetahuan termasuk membantu kegiatan pembelajaran anak-anak.

“Dengan ragam layanan digital Perpustakaan nasional tersebut akan memudahkan kita mencari artikel, buku, novel, majalah, dan koleksi lainnya yang kita sukai. Dengan kemudahan ini diharapkan kita semakin gemar membaca, memperluas cakrawala, dan menambah ilmu pengetahuan,” lanjutnya.

Dalam acara ini, Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpusnas Ofy Sofiana juga berkesempatan memperkenalkan berbagai aplikasi perpustakaan digital Perpusnas yang semuanya dapat dimanfaatkan secara gratis. Antara lain iPusnas, IOS, e-Resources, Khastara, serta Opac yaitu katalog online untuk melihat koleksi Perpunas.

Para peserta juga diajak berkeliling melihat berbagai layanan yang berada di Gedung Layanan Perpusnas Jalan Medan Merdeka Selatan secara virtual ditemani oleh dua Pustakawan Milenial Perpusnas, Dede Gumilar dan Aghni Irfan.

Reportase/ Fotografer: Eka Purniawati



Diunggah oleh admin