|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

28 Apr 2021

Ingin Berdayakan Potensi Daerah, Kepulauan Anambas Berkomitmen Membentuk Dinas Perpustakaan

Medan Merdeka Selatan, Jakarta—Kepala Perpustakaan Nasional M. Syarif Bando menerima kunjungan kerja DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas beserta jajaran pada Rabu (28/4/2021). Syarif mengapresiasi komitmen dan keseriusan pemerintah daerah untuk memperkuat kelembagaan dan mengembangkan perpustakaan demi kesejahteraan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Syarif mengemukakan pandangannya mengenai paradigma perpustakaan yang kini tidak lagi berkutat dengan collection management, tapi knowledge transfer, di mana pengetahuan tersebut akan membuat masyarakat lebih literate dan mampu menghadapi persaingan global yang semakin sengit. Oleh karena itu, Perpustakaan Nasional mendukung upaya pengembangan perpustakaan di daerah dengan berbagai program bantuan.

Senada dengan pendapat Syarif, Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kepulauan Anambas, Imran, menyatakan bahwa transfer pengetahuan berupa ilmu terapan lah yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat daerah.

Lebih lanjut ia kemudian memaparkan bahwa wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas yang dikelilingi oleh perairan dan berbatasan dengan Laut Cina Selatan memiliki potensi besar dalam hal kelautan dan perikanan. Sayangnya potensi tersebut belum diberdayakan secara maksimal oleh masyarakatnya.

Oleh karena itu, pemerintah daerah yang memahami pentingnya literasi bagi masyarakat dan pengembangan literasi hanya dapat diperoleh melalui membaca, kemudian berkomitmen untuk membentuk dinas perpustakaan dengan mengajukan rancangan peraturan daerah khusus mengenai hal tersebut.

“Kami ingin berdiskusi soal rancangan peraturan daerah tentang perubahan Peraturan Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas No. 7 tahun 2016. Pemerintah kami mengajukan 3 ranperda, salah satunya tentang dinas perpustakaan dan kearsipan,” ujarnya

Menanggapi keseriusan komitmen tersebut, Syarif menyatakan dukungannya untuk pembentukan dinas perpustakaan dan mendorong agar memanfaatkan fasilitas Dana Alokasi Khusus (DAK) dengan mengajukan proposal bantuan DAK untuk pembangunan gedung dan penambahan koleksi.

Kunjungan kerja tersebut ditutup dengan pemberian secara simbolis bantuan mobil perpustakaan keliling untuk Kabupaten Kepulauan Anambas.

 

 

Reporter: Eka Cahyani

Fotografer: Ahmad Kemal Nasution



Diunggah oleh admin