|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

23 Apr 2021

Perempuan Harus Berani Memanfaatkan Peluang

Jakarta—Para perempuan Indonesia didorong untuk berani mengambil peluang dan menjalaninya dengan baik. Harus dipahami bahwa kesempatan baik harus dimanfaatkan karena tidak terjadi dua kali. Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menyatakan untuk mencapai kesuksesan, perempuan harus menjalani semua tahapan kehidupan dengan baik.

“Jadi kalau bicara tentang sebetulnya apa yang kita dapat hari ini, itu tergantung dari seluruh tahapan hidup kita sejak awal. Dari sejak kita mengenyam pendidikan kemudian masuk ke dunia kerja tentunya. Nah saya sendiri memilih untuk menjadi perempuan yang mandiri karena memiliki role model yang paling utama adalah ibu saya,” jelasnya saat menjadi narasumber dalam talk show peringatan Hari Kartini bertema “Cerita Sukses Perempuan Indonesia Menggapai Cita”.

Kegiatan ini digelar secara hybrid dan diselenggarakan oleh Paguyuban Pimpinan Tinggi Madya Perempuan Indonesia bekerja sama dengan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) di teater Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional, pada Jumat (23/4/2021).

Nicke berkisah saat menempuh pendidikan di bangku kuliah, dirinya mengalami tantangan dari lingkungan sekitar. Sebagai perempuan yang berasal dari kota kecil, Tasikmalaya, dia mengaku tidak banyak perempuan yang menempuh pendidikan kuliah. Apalagi dia kuliah Teknik Industri di Institut Teknologi Bandung yang saat itu sebagian besar mahasiswanya laki-laki.

“Ini menuntut kita untuk melakukan penyesuaian di dalam keseharian kita tentunya. Dan pada masa itu saya melihat begitu banyak hal yang bisa dipelajari hal-hal baru yang bisa kita pelajari yang nantinya tentu ini menjadi bekal menjadi perempuan yang tangguh, yang bisa bersaing dengan seluruh laki-laki,” tambahnya. 

Dia berkisah, pernah menjalani karier di bank pada saat kuliah, hingga setelah lulus bekerja di dunia konstruksi yang berpindah dari satu proyek ke proyek lain. Dia menjalaninya di dalam hingga luar negeri. “Intinya yang ingin saya sampaikan di sini, jangan membatasi diri kita sebagai perempuan karena di dunia apapun di bidang pekerjaan apapun yang kita pilih, di lokasi mana pun itu berada, kita mampu. Nah jadi saya ingin menyampaikan bahwa tidak ada keberhasilan yang instan, semuanya harus kita rencanakan melalui tahapan mulai waktu dan melalui keberanian tentunya,” urai perempuan yang menjabat sejak 2018 tersebut.

Nicke menekankan, para perempuan jangan khawatir dengan tantangan. Menurutnya, tantangan merupakan peluang untuk belajar. Dari situlah, para perempuan bisa belajar untuk menjadi pemimpin. Sebagai pemimpin, perempuan harus bisa membangun rasa percaya dari seluruh tim.

Dan perempuan, jelasnya, memiliki kelebihan karena bisa memimpin dengan tegas tapi juga dengan kelembutan dan empati. “Karena pemimpin yang paling efektif adalah memberikan contoh. Cakupan bisnis Pertamina ini luar biasa dari hulu ke hilir dan kemampuan untuk belajar suatu hal yang baru secara holistik secara terintegrasi ini menjadi tantangan yang harus saya buktikan, bahwa walaupun bukan berasal dari background oil and gas, tetapi sebagai pemimpin harus memahami setidaknya bagaimana setiap tahapan ini bisa berpengaruh memperkuat bisnis Pertamina ke depan,” pungkasnya.

Reporter: Hanna Meinita

Fotografer: Ahmad Kemal Nasution



Diunggah oleh admin