|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

23 Apr 2021

Kita Bisa Apabila Kita Mau

Medan Merdeka Selatan, Jakarta -- “Menjadi perempuan bukanlah pilihan tetapi memang sudah ditakdirkan, tapi menjadi perempuan berkarakter, perempuan tangguh, perempuan kuat, itu adalah pilihan.” Demikian pesan Loeke Larasati Agoestina, mantan Jamdatun Kejaksaan Agung RI pada talk show peringatan Hari Kartini bertema “Cerita Sukses Perempuan Indonesia Menggapai Cita” yang diselenggarakan di teater Gedung Fasilitas Layanan Perpustakaan Nasional, Jumat (23/4/2021).

Loeke menceritakan pengalaman pribadinya semasa bekerja di Kejaksaan Agung, di mana ia harus berpindah tugas beberapa kali karena tuntutan pekerjaan. Menurutnya, keputusan untuk menyanggupi berpindah-pindah lokasi tugas merupakan konsekuensi atas pilihannya untuk berkarir di lembaga pemerintah tersebut.

Ia menyadari keputusan tersebut bukanlah hal yang mudah mengingat dirinya telah berkeluarga. Namun demikian, ia selalu berkeyakinan bahwa kesulitan tersebut merupakan tantangan yang harus dihadapi dan dicari jalan keluarnya.

“Anggaplah kesulitan itu sebagai tantangan. Kesulitan adalah sebagai suatu tantangan yang harus kita hadapi dan kita cari jalan keluarnya seperti apa itu,” tegasnya.

Selain itu, dukungan keluarga, yaitu izin dari suami, turut berperan penting dalam menjalankan tugasnya dan meniti karir di Kejaksaan Agung. Diakuinya bahwa jalan menuju puncak pimpinan harus melalui banyak tantangan dan pada saat menjabat harus menghadapi tantangan yang berbeda. Apalagi secara faktual di lingkungan daerah tempat ia menjabat, masyarakatnya masih terheran-heran dengan perempuan yang menjadi pemimpin.

Oleh karena itu, ia berpesan kepada para perempuan Indonesia agar tidak boleh menyerah seperti yang disampaikan Kartini dalam surat-suratnya.

“Kita bisa melakukan apabila kita mau. Jangan menyerah, aku mau. Aku mau tapi aku juga bisa. Jangan aku mau aja, tapi aku enggak bisa atau aku bisa tapi aku enggak mau,” urainya.

 

Reportase: Eka Cahyani

 



Diunggah oleh admin