|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

25 Feb 2021

Kepala Perpusnas Melantik 53 Pejabat Fungsional

Salemba, Jakarta—Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI Muhammad Syarif Bando melantik 53 pejabat fungsional di lingkungan Perpusnas. Pejabat yang dilantik terdiri dari 29 orang pustakawan, empat arsiparis, satu analis kepegawaian, dan 19 pranata komputer yang berasal dari kantor pusat Perpusnas di Jakarta, UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Blitar, dan UPT Perpustakaan Proklamator Bung Hatta di Bukittinggi.

Dalam sambutannya, Syarif Bando menegaskan target bersama adalah menyediakan fasilitas yang baik untuk masyarakat. Dia menjelaskan, target bersama adalah memastikan kebutuhan buku untuk masyarakat sesuai standar Unesco. Saat ini, mandatori Unesco menyebut minimal ada tiga buku baru untuk setiap orang pada setiap tahunnya. Diperkirakan, Indonesia membutuhkan 810 juta buku baru setiap tahun. Karena itu, dia berharap pernyataan yang menghakimi bahwa minat baca dan indeks literasi masyarakat rendah, harus dihentikan.

"Tahun 2021, Bapak Ibu sudah tahu fokus pembicaran kita tentang literasi adalah pada sisi hulu yaitu mengunggah peran para eksekutif, legislator, yudikatif untuk memainkan peran mereka dalam minat baca. Bagaimana para penulis dan penerbit menyiapkan buku kebutuhan masyarakat dan bagaimana kita menghasilkan regulasi, menyesuaikan atau upaya memperkecil ketimpangan antarwilayah dalam memperoleh aksesabilitas informasi untuk kemajuan," jelasnya di Aula Perpusnas Salemba, Jakarta, pada Kamis (25/2/2021).

Syarif Bando meminta para pegawai yang dilantik agar meningkatkan integritas dan profesionalisme di setiap unit kerja penempatan. Hal ini harus dilakukan agar kinerja Perpusnas semakin meningkat. Saat ini, kinerja Perpusnas berada pada level 75 persen. "Masih jauh masih 25 persen yang harus kita kejar, apa artinya? Kita semua harus intropeksi diri. Sebab sebagian besar kegiatan kita berkontribusi pada kinerja institusi ini. Tentu juga koreksi kepada Bapak dan Ibu bagaimana memastikan progress laporan kinerja kita bisa sampai kepada stakeholder, terutama masyarakat melalui Komisi X DPR RI yang mengawasi kita," urainya.

Untuk mendukung peningkatan kinerja, dia mengingatkan kepada seluruh jajaran pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama serta Pustakawan Utama agar menjadi pemandu dalam memberi arahan kepada 900 pegawai Perpusnas ke arah yang lebih hebat, produktif, dan profesional, baik yang ada di pusat maupun di Perpustakan UPT. Syarif Bando juga mengucapkan selamat kepada seluruh pegawai yang dilantik, khususnya kepada Pustakawan Utama yang dilantik yaitu Yahyono dan Maria Sobon Sampe, sebagai tambahan modal sumber daya manusia perpustakan di Indonesia.

Reporter: Arie Zani Purnomo

Fotografer: Basma Sartika



Diunggah oleh admin