|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

24 Feb 2021

Kota Banjar Ingin Bangun Perpustakaan Untuk Wisata Literasi

Medan Merdeka Selatan, Jakarta- Pada hari jadinya yang ke-18 tahun ini, Kota.Banjar Provinsi Jawa Barat hingga saat ini belum memiliki gedung perpustakaan daerah. Hal ini menjadi hambatan tersendiri dalam upaya pemerintah daerah Banjar dalam memberikan layanan akses pengetahuan dan informasi kepada 204 ribu penduduk. Walikota Banjar Ade Uu Sukaesih pada kunjungannya ke Gedung Layanan Perpustakaan Nasional menyampaikan keinginannya untuk membangun gedung perpustakaan sebagai wahana wisata literasi di daerahnya.

“Meskipun masih tergolong daerah baru, 95% infrastruktur untuk kebutuhan masyarakat sudah ada di Kota Banjar. Namun sayangnya kami belum memiliki gedung perpustakaan yang memadai. Sedangkan gedung yang ditempati saat ini tergolong sempit dan sudah tidak cukup menampung koleksi,” keluhnya.

Padahal menurut Ade adanya perpustakaan merupakan hal yang sangat penting bagi masyarakat. Kota Banjar sendiri berniat membangun perpustakaan yang dapat diintegrasikan dengan berbagai fasilitas layanan masyarakat yang lain. Rencananya gedung akan dibangun di dekat taman kota sehingga mudah diakses masyarakat dan juga bisa dgunakan sebagai saranan wisata literasi.

“Dengan membangun wisata literasi maka masyarakat akan menjadi lebih tertarik untuk membaca, dan mengunjungi perpustakaan bisa menjadi hal yang menyenangkan terutama bagi kalangan anak muda. Kami berharap bisa mendapat dukungan dari Perpusnas untuk dapat mewujudkan apa yang menjadi cita-cita serta harapan masyarakat Banjar,” ungkap Ade.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando yang hadir langsung menerima kunjungan tersebut mengingatkan bahwa membangun budaya literasi masyarakat merupakan tugas bersama. “Kita semua baik yang duduk sebagai eksekutif, legislatif, yudikatif, bahkan TNI/POLRI memiliki tugas yang sama dalam upaya meningkatkan minat baca masyarakat. Maka sebagai seorang kepala daerah diharapkan untuk memastikan bahwa bahan bacaan di tempatnya cukup untuk seluruh masyarakat,” paparnya.

Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Deni Kurniadi yang juga turut hadir menyampaikan harapan tidak hanya Perpusnas, namun agar seluruh daerah di Indonesia memiliki sarana prasarana perpustakaan yang memadai. “Tentu kami ingin setiap daerah memiliki perpustakaan yang memadai dan representatif. Termasuk Kota Banjar,” pungkasnya. Dalam kesempatan ini Perpusnas juga menyerahkan bantuan 1 unit Mobil Perpustakaan Keliling untuk Kota Banjar.

Reportase: Eka Purniawati

Fotografer: Basma Sartika



Diunggah oleh admin