|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

11 Feb 2021

Perpusnas Dorong Mahasiswa Dapat Berinovasi

Medan Merdeka Selatan, Jakarta- Perpustakaan merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan informasi yang relevan dan akurat melalui penyediaan bahan bacaan bagi masyarakat khususnya mahasiswa dan kalangan akademisi. Hal ini tersebut menjadikan perpustakaan sebagai benteng hoaks yang kini menjadi isu tersendiri di tengah masyarakat. Maka dari itu Perpustakaan Nasional siap menjalin kerja sama serta memberikan dukungan seluas-luasnya bagi universitas dalam menjalankan fungsi pendidikan terkait literasi kebahasaan dalam mendorong kemampuan akademik mahasiswa untuk berinovasi.

Hal tersebut disampaikan langsung Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando dalam kesempatannya sebagai narasumber dalam acara Penyegaran Pembelajaran Humaniora Bagi Dosen Universitas Tarumanegara yang dilaksanakan secara daring pada Kamis (11/2). Lebih lanjut Syarif Bando masa pandemi seperti ini Perpusnas juga menyiapkan sarana perpustakaan digital yang dapat digunakan sebagai sumber informasi yang mudah digunakan berbagai kalangan dan dapat diakses secara gratis seperti iPusnas, Indonesa OneSearch, dan Khastara.

“Kita percaya bahwa tujuan negara dapat dicapai dengan pendidikan yang berkualitas. Pendidikan sejatinya berkaitan dengan bagaimana mendidik untuk mengubah sesuatu yang tidak baik menjadi sesuatu yang baik. Maka dari itu salah satu peran perpustakaan adalah sebagai rumah mahasiswa, pelajar, dan masyarakat untuk dapat berinovasi dan berubah ke arah yang lebih baik”, paparnya.

Syarif Bando ingin perpustakaan dapat hadir untuk merubah paradigma masyarakat tentang literasi tidak hanya sekedar kemampuan membaca namun menciptakan inovasi sebagai hasil akhir memahami isi bacaan. “Presiden Jokowi menetapkan RPJMN 2020-2024 terkait peningkatan kualitas sumber daya manusia. Pada akhirnya hal ini merujuk pada kemampuan masyarakat dalam menciptakan barang dan jasa yang akan digunakan dalam persaingan global”, imbuh Kaperpusnas.

Di akhir paparannya, Syarif Bando menyatakan kesiapan Perpusnas untuk mendukung setiap perguruan tinggi di Indonesia untuk dukungan penyediaan sarana prasarana sumber informasi bagi segenap sivitas akademika di perguruan tinggi.

 

Reportase: Eka Purniawati

Fotografer: Basma Sartika



Diunggah oleh admin