|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

09 Feb 2021

Serah Terima Laporan Pendataan dan Penataan Koleksi, Arsip, dan Aset Perpustakaan Nasional RI

Salemba, Jakarta – Bertempat di Aula Perpustakaan Nasional Salemba, Kepala Biro SDM dan Umum menyerahkan Laporan Kegiatan Pendataan dan Penataan Koleksi, Arsip, dan Aset Perpustakaan Nasional RI kepada Kepala Perpustakaan Nasional pada Selasa (9/2/2021). Acara dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Deputi I, Deputi II, Sestama, dan 55 orang CPNS Perpusnas RI angkatan 2020.

Kegiatan penataan dan pendataan tersebut telah dilaksanakan sejak 16 Januari 2021 oleh CPNS Perpusnas RI yang berjumlah 55 orang dengan dibantu arsiparis pada Subbagian Tata Usaha Pimpinan, Kearsipan, dan Protokol juga dari pustakawan Deputi I dan II Perpustakaan Nasional RI.

Koleksi yang berhasil didata yaitu berupa kliping CSIS yang berjumlah 3.055 bendel, 2.435 eksemplar surat kabar, 2.277 eksemplar majalah, 7.317 eksemplar buku langka, 8.570 eksemplar surplus monograf, 1.999 eksemplar monograf Perpusnas RI, 10.037 surplus terbitan berkala, 219 eksemplar terbitan berkala Perpusnas RI, 18 keping CD/DVD, dan 659 eksemplar yang tidak teridentifikasi. Arsip yang berhasil dicatatkan adalah sebanyak 1.321 berkas arsip. Dan aset yang berhasil dicatatkan sebanyak 198 item.

Penataan dan pendataan koleksi, arsip, dan aset di lingkungan Perpustakaan Nasional dilaksanakan dalam rangka menyelamatkan karya cetak dan karya rekam dari ancaman bahaya yang disebabkan oleh alam dan/ atau perbuatan manusia, menata arsip untuk diolah dan ditata fisiknya sehingga dapat memudahkan dalam pencarian kembali arsip serta mewujudkan penerbitan dan pengamanan BMN secara tertib, efektif dan akuntabel baik secara administratif, hukum maupun fisik.

Selain itu, agar meningkatkan peranan dan fungsi Perpustakaan Nasional sebagai sumber informasi dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian pekerjaan serta pengambilan keputusan, melaksanakan tugas dan fungsi manajemen khususnya pada peningkatan kualitas bidang pendidikan sesuai dengan visi dan misi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Kepala Perpustakaan Nasional M. Syarif Bando mengucapkan terima kasih kepada CPNS yang telah membantu terlaksananya kegiatan tersebut dan berharap agar pendataan dan penataan koleksi, arsip, dan aset terus dikembangkan untuk mendorong perbaikan dan peningkatan kinerja.

“Saya bersama seluruh jajaran dari lubuk hati yang paling dalam ingin menghaturkan terima kasih, apresiasi, dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada teman-teman CPNS yang telah memberikan kontribusi nyata atas masalah besar yang dihadapi Perpustakaan Nasional bertahun-tahun,” ungkap Syarif.

 

 

Reporter          : Syifa Azka Layalia

Fotografer       : Eka Cahyani

 



Diunggah oleh admin