|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

08 Feb 2021

Kota Padang Panjang Bangun Library Knowledge Center

Medan Merdeka Selatan, Jakarta- Walikota Padang Panjang, Fadly Amran dan didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Padang Panjang, Alvisena melakukan kunjungan kerja ke Gedung Layanan Perpustakaan Nasional RI yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta pada Senin (08/02). Kunjungan kerja tersebut diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional RI, Muhammad Syarif Bando di Ruang Rapat Pimpinan Lantai 5. Pada kesempatan kali ini Pemerintahan Kota Padang Panjang mengutarakan rencana pembangunan Library Knowledge Center di Kota Padang Panjang.

Kaperpusnas menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada pemimpin daerah yang mau bersinergi dalam pengembangan perpustakaan yang lebih baik karena sesuai dengan tujuan negara Indonesia yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan rakyat.

“Infrastruktur memang penting. Namun yang paling penting adalah perubahan paradigma hidup masyarakat dalam peningkatan literasi melalui gemar membaca untuk kesejahteraan. Dan Perpustakaan Nasional siap mendukung segala program yang ada di daerah,” ungkapnya.

Selain itu, Syarif Bando juga menjelaskan bahwa pada abad 21 seharusnya Perpustakaan mengubah fungsinya yang awalnya management knowledge menjadi transfer knowledge karena masalah yang sering terjadi adalah ilmu pengetahuannya tersedia di perpustakaan namun tidak disebarkan ke masyarakat luas.

“Literasi adalah kedalaman pengetahuan seseorang yang bisa diimplementasikan Sedangkan SDM yang berkualitas adalah SDM yang mampu memberikan jawaban penyelsaian pada segala tantangan yang ada. Perpustakaan harus hadir mendorong pengembangan SDM di daerah sesuai dengan amanat Presiden.” tegas Syarif Bando.

Senada dengan pernyataan tersebut Walikota Padang Panjang, Fadly Amran menyatakan bahwa literasi menjadi landasan fundamental dalam membangun bangsa yang maju.” Salah satu tujuan dari pembangunan Library Knowledge Center adalah untuk tempat berkumpul dan pengembangan komunitas yang ada di Kota Padang Panjang,” terang Fadly.

Rencananya proyek pembangunan Library Knowledge Center yang membutuhkan anggaran 46 milyar ini akan menjadi ikon wisata literasi di Kota Padang Panjang.

 

Reportase: Fauzan Abdi

Fotografer: A. Kemal Nasution



Diunggah oleh admin