|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

08 Feb 2021

Kepala Perpusnas Berikan Mobil Perpustakaan Keliling untuk Kota Singkawang

Medan Merdeka Selatan, Jakarta—Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI memberikan bantuan satu unit mobil perpustakaan keliling (MPK) untuk Kota Singkawang. Bantuan diberikan secara simbolis oleh Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando kepada Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie. Penyerahan dilakukan dalam kunjungan yang dilakukan Wali Kota bersama jajarannya ke Gedung Layanan Perpusnas, jl. Medan Merdeka Selatan No. 11, Jakarta, pada Senin (8/2/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Syarif Bando menyatakan transfer pengetahuan merupakan esensi dari perpustakaan. Perpustakaan harus berkontribusi dalam menyejahterakan masyarakat. Perpusnas melalui program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial berupaya meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara ekonomi dan sosial melalui pemberdayaan perpustakaan provinsi, kabupaten/kota, dan desa. Melalui koleksi buku terapan dan pendampingan dari pustakawan dan tenaga ahli, perpustakaan menjadi tempat belajar masyarakat untuk menghasilkan kemampuan wirausaha.

Sebagai lanjutan dari program transformasi, Perpusnas mengembangkan Pojok Baca Digital (Pocadi). Tahun 2020, Perpusnas menyalurkan bantuan Pocadi ke 90 kabupaten/kota. Singkawang merupakan salah satu penerima bantuan. Syarif berharap dukungan dari kepala daerah untuk mendukung Pocadi dengan memamerkan produk lokalnya.

"Pocadi dirancang untuk melanjutkan program transformasi kami. Ada masyarakat yang tadinya di pinggiran termarginalkan, punya usaha-usaha kecil dan mikro, nanti dibantu dipasarkan di situ," jelasnya.

Syarif menguraikan, data Bappenas menyebut hanya 10 persen masyarakat Indonesia yang menembus perguruan tinggi. Ini artinya, sekira 90 persen yang tamat pendidikan setara SMA, SMP, SD, hingga tidak tamat sekolah. "Sehingga produk yang mereka hasilkan itu biasanya UMKM. Dan ini fakta, 62 persen APBN kita itu dikontribusi oleh UMKM. Jadi ini harus dipelihara. Apalagi ini di wilayah kerja ibu wali," urainya.

Sementara itu, Tjhai Chui Mie mengapresiasi bantuan yang diberikan Perpusnas. Dia mengungkapkan hal ini memotivasi dirinya untuk berjuang meningkatkan minat baca masyarakat kota yang berlokasi di Kalimantan Barat tersebut. "Kita harapkan dari Perpusnas terus mendukung, saran, ide untuk kami kembangkan di Kota Singkawang. Saya akan lebih fokus mengembangkannya lagi, di mana kami mendapatkan mobil perpustakaan keliling. Terima kasih buat Kepala Perpusnas, dan tentu kami Singkawang akan memberikan yang terbaik untuk Perpusnas," pungkasnya.

Dalam kunjungan tersebut, Syarif Bando menyerahkan buku "Impact Stories" dari penerima manfaat program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial dan "Perpustakaan Nasional RI: Ikon Peradaban dan Ilmu Pengetahuan" kepada Tjhai Chui Mie. Sementara Tjhai Chui Mie menyerahkan buku "Cerita Rakyat Singkawang" terbitan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Singkawang.

Reporter: Hanna Meinita

Fotografer: Ahmad Kemal Nasution

 

 



Diunggah oleh admin