|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

05 Feb 2021

Perpusnas Gelar Bimtek Keprotokolan

Medan Merdeka Selatan, Jakarta- Perpustakaan Nasional menggelar bimbingan teknis keprotokolan yang dihadiri seluruh pegawai dan dibuka secara luas untuk seluruh protokoler kementerian/lembaga dan pemerintah daerah pada Kamis (2/5). Acara yang diselenggarakan secara daring tersebut didasarkan pada keterkaitan tugas dan fungsi Perpusnas sebagai Lembaga Pemerintah Non Kementerian di bidang Perpustakaan untuk menyediakan pelayanan prima kepada masyarakat maupun semua mitranya.

“Oleh karena itu semua pegawai Perpusnas juga perlu memahami tentang ilmu keprotokolan karena penerapannya tidak hanya dalam acara-acara resmi kenegaraan dan lembaga tapi juga pada kegiatan rutin yang melibatkan sesama rekan kerja, mitra, dan pemustaka,” terang Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando yang hadir saat hadir untuk membuka acara.

Lebih lanjut Kaperpusnas menambahkan bahwa keprotokolan tidak hanya perkara seni dan ketrampilan dalam memastikan jalannya acara dengan baik dan lancar, namu perlu didukung dengan aspek komunikasi, koordinasi, dan kolaborasi yang baik.

Sebagai Narasumber dalam acara ini Kepala Bagian Protokol dan Tata Usaha Pimpinan Kementerian Sekretariat Negara RI Eko Prasentyanto menjelaskan tanpa adanya protokol sebuah acara tidak mungkin dilakukan tertib dan rapi. Seorang protokol juga harus memiliki pengetahuan dan beragam kecapakan yang mendukung dalam pelaksanaan tugasnya.

 “Apabila ada yg bicara bahwa seorang protokol kerja tanpa berfikir itu pemikiran yang salah. Justru harus memiliki kompetensi dan pengetahuan yang luar biasa banyak. Dan memastikan sebuah acara berlangsung dengan lancar adalah tugas protokol,” tegas Eko.

Keprotokolan menuru UU no.9 tahun 2010 merupakan serangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara, tata penghormatan sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan atau kedudukannya dala  negara, pemerintah, atau masyarakat.

 

Reportase: Eka Purniawati

Fotografer: Basma Sartika



Diunggah oleh admin