|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

26 Jan 2021

Perpusnas Adakan Pelatihan e-Performance Guna Tingkatkan Pelaksanaan RB

Jakarta - Dalam upaya terus meningkatkan pelaksanaan Reformasi Birokrasi (RB) di lingkungan Perpustakaan Nasional (Perpusnas), Biro Perencanaan dan Keuangan membuat aplikasi e-performance yang nantinya akan digunakan untuk mengukur kinerja instans.Perancangan aplikasi tersebut menggunakan sistem yang umum digunakan sehingga penyajiannya relatif mudah untuk diakses.

Kegiatan pelatihan penggunaan aplikasi e-performance ini dilakukan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom, Selasa (26/1/2021). Seluruh admin yang nantinya akan mendukung proses pengisian data ke dalam aplikasi e-performance diundang untuk berlatih bersama. Sekretaris Utama Perpusnas, Woro Titi Haryanti, saat membuka kegiatan mengatakan bahwa ke depannya admin yang ditunjuk di tiap unit kerja diharapkan mampu membantu Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, Koordinator maupun Subkoordinator untuk mengelola aplikasi e-performance.

E-performance merupakan sebuah aplikasi sistem akuntabilitas kinerja intansi pemerintah yang bertujuan untuk memudahkan proses pemantauan dan pengendalian kinerja dalam rangka mengingkatkan akuntabilitas dan kinerja unit kerja. Aplikasi ini menampilkan proses perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja dan evaluasi kinerja yang ada di lingkungan Perpusnas.

“Teman-teman admin nanti hadir untuk mendampingi teman-teman JPT pratama karena mereka mungkin hanya mengerti secara umumnya saja jadi tolong dicermati betul, kalau belum paham ya disampaikan. Paling tidak prinsip dasarnya harus paham,” pinta Woro.

Founder & CEO StarCo Consulting Group, Kundiyarto Prodjotaruno, menjelaskan sasaran dari diadakannya kegiatan pelatihan ini adalah PIC (Person in Charge) yang diberikan penugasan di masing-masing unit kerja sebagai admin untuk melakukan proses pengisian data ke dalam aplikasi e-performance. Hal ini dilakukan agar para PIC dapat memahami mekanisme dalam penggunaan aplikasi e-performance.

Lebih lanjut, Kundiyarto juga menyebutkan bahwa sebelumnya sudah dilakukan asistensi pelatihan untuk lingkup Biro Perencanaan dan Keuangan Perpusnas selaku evaluator yang memberikan persetujuan terhadap hasil pengisian realisasi di masing-masing unit kerja dan secara sistem pihaknya juga sudah menyiapkan keperluan untuk instalasi e-performance di server Perpusnas.

“Kami sangat welcome apabila ada instruksi lebih lanjut terkait aplikasi e-performance ini,” ungkap Kundiyarto   

Di kesempatan yang sama, Koordinator Kelompok Perencanaan, Kusmeri, menyampaikan bahwa saat ini server dari aplikasi e-performance masih berada di StarCo Consulting Group dan untuk itu dia pun meminta agar di masa mendatang Pusat Data dan Informasi Perpusnas dapat menyediakan tempat untuk keperluan server ini. “Kami mengharapkan kesiapan dari Pusat Data dan Informasi terkait penyediaan tempat untuk server e-performance. Mungkin clearance dari Kemenkominfo bisa diajukan ulang untuk pemenuhan penyimpanan data e-performance,” ujar Kusmeri.

Reporter: Basma Sartika



Diunggah oleh admin