|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

22 Jan 2021

Kunjungan Kerja Spesifik Bidang Perpustakaan Komisi X DPR RI di Kota Cirebon

Cirebon, Jawa Barat – Komisi X DPR RI mengadakan kunjungan kerja spesifik bidang perpustakaan yang dilaksanakan pada Jumat (22/1) serentak di tiga lokasi diantaranya Kabupaten Indramayu, Kota Cirebon dan Provinsi Banten. Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Perpustakaan Nasional Ofy Sofiana mendampingi Komisi X DPR RI di Kota Cirebon sekaligus memberikan bantuan secara simbolis Pojok Baca Digital (Pocadi) ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon dan bantuan buku siap layan kepada perpustakaan komunitas Rumah Baca Sahabat Jiwa.

Hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Wakil Wali Kota Cirebon Eti Herawati, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon Jaja Sulaeman, Kepala Dinas Pendidikan Kota Cirebon Irawan Wahyono, Perwakilan Perpustakaan Komunitas, Organisasi Profesi Perpustakaan, Komunitas Literasi, Pustakawan dan Pemustaka di Kota Cirebon, serta Instansi terkait yang membidangi perpustakaan.

Ofy merasa bangga dengan adanya keberadaan perpustakaan komunitas yang dapat menjadi penggerak literasi di Indonesia. Deputi Perpusnas tersebut juga menerangkan Perpustakaan Nasional (Perpusnas) selain memberikan bantuan buku siap layan ke perpustakan komunitas juga ditujukan ke perpustakaan lembaga pemasyarakatan (Lapas), perpustakaan provinsi/kabupaten/kota, perpustakaan pondok pesantren dan lembaga keagamaan lainnya, dll. 

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Abdul Fikri Faqih menyampaikan dalam rangka mewujudkan visi Indonesia 2045 dengan capaian ekonomi modern dan tingkat kesejahteraan berkualitas maka dituntut SDM yang produktif, inovatif dan menguasai IPTEK. “Perpustakaan berperan penting dalam membangun masyarakat berpengetahuan melalui usaha menumbuhkan tradisi dan budaya baca,” ujarnya.

Fikri mengakui bahwa Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada semua sektor kehidupan masyarakat. Namun demikian perpustakaan diharapkan dapat memfasilitasi kebutuhan masyarakat dengan menerapkan protokol kesehatan, kebersihan lingkungan dan sarana prasarana layanan. “Kita berharap dengan adanya pandemi ini, ada hikmah yang kita peroleh dengan adanya kreatifitas pelayanan perpustakaan,” terangnya.

Ofy menerangkan Perpusnas terus mengembangkan inovasi berupa Pocadi dalam meningkatkan literasi masyarakat, “Adapun fasilitas yang tersedia adalah buku siap layan, komputer, digital library station, smart TV LED, android tablet, UPS dan prasarana lainnya. Diharapkan kehadirannya dapat meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat,” ujarnya.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Cirebon Jaja Sulaeman menjelaskan Pelayanan untuk tahun 2021 disesuaikan dengan perkembangan covid-19 di Kota Cirebon. Layanan Literasi Kreatif mulai dibuka dengan jumlah peserta terbatas dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. “Walaupun dengan keterbatasan yang ada, kami meningkatkan kegiatan melalui peningkatan penggunaan pemanfaatan TIK seperti menambah koleksi ebook, pertemuan dan rapat rapat secara daring, lomba bercerita secara virtual, alih media koleksi nasional dan naskah kuno, pengembangan perpustakaan digital (I-Cirebon), kerjasama dengan PERPUSNAS RI dan Perpustakaan Daerah lainnya,” imbuh Jaja.

 

Reporter: Nurazizah

Fotografer: Nurazizah



Diunggah oleh admin