|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

11 Dec 2020

Perpustakaan Nasional Canangkan Gerakan Menanam Pohon

Medan Merdeka Selatan, Jakarta—Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia pada 28 November dan Hari Bela Negara pada 19 Desember, Perpustakaan Nasional mencanangkan Gerakan Menanam Pohon sebagai salah satu wujud kontribusi aksi bela negara. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Lobby Utama Perpustakaan Nasional Medan Merdeka Selatan No. 11 pada Jumat, (11/12).

Kepala Perpustakaan Nasional, M. Syarif Bando, dalam sambutannya memaparkan bahwa negara-negara di dunia mempersoalkan ekspor produk-produk yang diduga saat perolehannya terjadi penyalahgunaan dan merusak lingkungan. Oleh karena itu, ia mengajak komunitas perpustakaan baik pegawai dan keluarganya serta pemustaka untuk mencintai lingkungan.

“Dunia semakin menyadari betapa lingkungan harus dipelihara dan yang paling penting kepada kita semua bahwa rumusan di Sustainable Development Goals dirancang untuk memastikan bahwa setiap negara dipaksa, bukan diminta kesadaran, tapi kita dipaksa untuk berkontribusi di dalam memastikan ada kelestarian lingkungan,” tegas Syarif.

Syarif berharap semua mengambil bagian untuk memiliki kesadaran lingkungan, senantiasa menanam pohon dan senantiasa berdonasi. “Mungkin ada satu dua pohon di dekat rumah kita, mungkin lewat pada tempat penjual taman, tidak ada salahnya untuk berdonasi karena ini juga merupakan amal jariyah dalam jangka panjang terutama di era pandemi,” pesannya.

Hadir sebagai narasumber, Duta Bela Negara, Olivia Zalianty, sekaligus perwakilan dari Yayasan Generasi Lintas Budaya yang peduli dalam merawat lingkungan hidup dan bumi pertiwi. Olivia mengakui sejak pandemi, kegiatan menanam dan keliling Indonesia terhenti dan baru hari ini pertama kalinya menanam pohon kembali. Dalam kesempatan tersebut, ia mengajak peserta untuk rutin menanam pohon karena dengan menanam pohon sama dengan menabur benih yang manfaatnya akan terasa untuk anak cucu kita di masa yang akan datang.

“Mari kita cintai pohon sebagaimana kita mencintai diri kita sendiri. Bumi ini tidak hanya warisan tetapi juga sesuatu yang akan kita wariskan. Tanamlah maka engkau akan dipersembahkan tanah yang ramah bagi generasi mendatang,” pesan Olivia.

 

Reporter         : Eka Cahyani

Fotografer       : Ahmad Kemal Nasution

 



Diunggah oleh admin