|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

20 Nov 2020

Perpusnas Jalani Verifikasi Penilaian Mandiri Sistem Merit

Medan Merdeka Selatan, Jakarta – Perpustakaan Nasional menjalani verifikasi penilaian mandiri sistem merit dalam manajemen ASN. Pelaksanaan sistem ini dinilai langsung oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) secara daring, untuk melihat sejauh mana pelaksanaan sistem tersebut.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando mengatakan, Perpustakaan Nasional berkomitmen dalam mewujudkan sistem merit. Penerapa ini menjadi prioritas sehingga dipastikan Perpusnas sebagai salah satu kementerian/lembaga yang lolos untuk bisa menerapkan pengembangan karir ASN berdasarkan sistem merit.

“Kami laporkan bahwa segala persiapan telah dilakukan untuk mengimplementasikan sistem merit. Mudah-mudahan memasuki tahun 2022, Perpustakaan Nasional bisa menjadi salah satu lembaga yang mendapat rekomendasi dan sertifikat dari KASN untuk lolos sebagai salah satu institusi pemerintah pusat yang bisa menerapkan sistem merit,” terangnya saat memberikan arahan pada Verifikasi Penilaian Mandiri Sistem Merit, Jumat (20/11).

Syarif Bando berharap, KASN dapat memberikan rekomendasi agar Perpusnas mendapatkan kategori baik bahkan sangat baik dengan penilaian sistem merit. “Perpusnas berkomitmen mewujudkan sistem merit untuk mewujudkan ASN yang profesional,” lanjutnya.

Komisioner Komisi ASN (KASN) Mustari Irawan menyampaikan, sistem merit merupakan kebijakan dan manajemen ASN berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi dan kinerja secara adil tanpa membedakan ras, agama, asal usul dan jenis kelamin.

Berdasarkan Peraturan KASN Nomor 9 Tahun 2019 tentang Tata Cara Penilaian Mandiri Sistem Merit dalam Manajemen ASN di Lingkungan Instansi Pemerintah, tiap instansi diberikan keleluasaan untuk bisa melakukan penilaian mandiri melalui aplikasi SIPINTER (Sistem Informasi Penilaian Mandiri Penerapan Sistem Merit).

“Verifikasi ini merupakan bagian dari tugas dan kewajiban KASN untuk memastikan pelaksanaan sistem merit dilaksanakan dengan baik oleh seluruh instansi pemerintah,” jelasnya.

KASN selalu berupaya untuk berkolaborasi dan bermitra untuk membangun sistem merit yang ada di Perpustakaan Nasional. “Saya yakin Perpustakaan NAsional bisa memperoleh kategori sangat baik. Karena nilai sementara Perpusnas sudah mencapai 295 yang masuk kategori baik. Dalam verifikasi ini kita memadukan kesesuaian data yang sudah masuk dengan data dukung,” pungkasnya.

Reporter : Wara Merdeka

 



Diunggah oleh admin (2020-11-20 15:06:02)