|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

10 Nov 2020

Indonesia OneSearch Memfasilitasi Masyarakat Indonesia dalam Sharing Knowledge

Salemba, Jakarta - Indonesia OneSearch atau IOS adalah sebuah pintu pencarian tunggal untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, dan arsip di seluruh Indonesia. Selain itu, portal ini juga menyediakan akses ke sumber elektronik internasional (e-resources) yang dilanggan oleh Perpusnas RI untuk semua anggota yang terdaftar. Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando dalam Webinar Sosialisasi Jejaring Indonesia OneSearch mengatakan bahwa ditengah pandemi Covid-19, Perpustakaan Nasional sangat beruntung memiliki Indonesia OneSearch dalam pencarian informasi dan jejaring perpustakaan dan memiliki target sebesar 10 juta pengunjung. “Koleksi yang terdapat di IOS sebanyak 9,5 juta entri dan 2.500an perpustakaan dari seluruh Indonesia,” ujar Syarif saat membuka Sosialisasi pada Selasa (10/11).

Syarif juga mengajak seluruh elemen baik institusi pemerintah dari provinsi, kabupaten dan kota dan komunitas untuk memahami aplikasi IOS dan menjadi anggota sehingga apabila dilaksanakan dengan baik dapat menjawab tantangan yang ada di masyarakat dalam memperoleh informasi. Menurut Syarif kegemaran membaca masyarakat Indonesia sangat tinggi namun bahan bacaan yang tidak mencukupi. Dalam upaya melepaskan belenggu kemiskinan adalah dengan membuka akses informasi seluas-luasnya. IOS diharapkan mampu memfasilitasi masyarakat Indonesia dalam sharing knowledge karena belum meratanya keberadaan perpustakaan dengan kondisi geografis Indonesia yang luas serta kurangnya kemampuan masyarakat untuk mengenyam pendidikan tinggi.

Sejalan yang disampaikan Kepala Perpusnas, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Perpusnas Joko Santoso menilai kerangka konseptual peningkatan literasi untuk kesejahteraan kendalanya pada persoalan koneksi terhadap akses pengetahuan dan informasi. “Perpustakaan berkontribusi besar dalam membangun masyarakat berpengetahuan melalui ikhtiar kolektif untuk menumbuhkan tradisi dan budatya baca di dalam masyarakat,” ujarnya menjelaskan peran perpustakaan dalam pembangunan nasional.

Ismail Fahmi sebagai pengembang menjelaskan Indonesia OneSearch mulai dikembangkan pada tahun 2015 dan diluncurkan pada Maret 2016 bersamaan dengan pengukuhan Najwa Shihab sebagai Duta Baca Indonesia. Kemudian berlanjut diselenggarakan workshop IOS dan INLIS pada bulan November 2016. Pada tahun 2018 diadakan pertemuan relawan IOS. Relawan IOS bekerja siang malam membantu para mitra dan pengguna setia IOS dalam proses pendaftaran repositori, mereview setiap repositori yang telah didaftarkan, membantu mitra memecahkan masalah terkait harvesting repositori, mempromosikan IOS, membuat sertifikasi, registrasi dan harvesting repositori. “Tanpa mereka para relawan, IOS tidak akan berkembang. Pada zaman ini banyak yang bergabung dengan konten-konten repositori itu harus diperiksa harus dicek mana yang benar dan mana yang salah,” terang Fahmi.

 

Reporter : Arwan Subakti



Diunggah oleh admin