|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

20 Oct 2020

Literasi Berperan Penting dalam Perekonomian Masyarakat

Salemba, Jakarta - Besar atau kecilnya produktivitas suatu bangsa dapat terlihat dari seberapa unggul sumber daya manusia (SDM) di dalamnya. Perlu diketahui bahwa juga SDM yang kompetitif sangat mempengaruhi kemajuan bangsa. Literasi berperan penting dalam menggerakkan perekonomian masyarakat karena lebih menitikberatkan kepada upaya-upaya yang berorientasi pada manfaat, yakni menggabungkan potensi sumber daya alam dengan kemampuan sumber daya manusia yang ada sehingga menghasilkan suatu kreasi atau produk yang bernilai ekonomis.
 
Dewasa ini, kondisi ekonomi Indonesia secara umum dirasa berat terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang mana telah mengakibatkan menurunnya daya beli masyarakat. Imbas dari keadaan ini adalah perekomian nasional yang mengalami pelemahan. Perdagangan barang dan jasa secara psikologis tertekan dan neraca perdagangan baik ekspor maupun impor mengalami kelesuan.
 
"Literasi bukan sekedar memiliki kemampuan baca dan tulis, melainkan kemampuan memahami, mencerna, dan menganalisis suatu teks dan konsep untuk diterjemahkan ke dalam tindakan keseharian," jelas Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) RI, Muhammad Syarif Bando, pada kesempatan Webinar ‘Literasi dalam Membangun Ekonomi Masyarakat', Selasa, (20/10). Menurutnya, literasi yang baik akan membantu masyarakat agar tetap produktif menghasilkan beragam inovasi meskipun saat ini dalam kondisi pandemi. 
 
Dalam rentang tahun 2020-2035, Indonesia akan mengalami bonus demografi. Hal ini merupakan fenomena langka dimana usia penduduk produktif lebih banyak dibandingkan dengan usia penduduk yang non-produktif. Demi mendukung bonus demografi yang baik, paradigma perpustakaan harus dirubah. Paradigma perpustakaan harus sejalan dengan perkembangan peradaban dan arus teknologi informasi dan komunikasi. Perpustakaan harus bertransformasi.
 
Transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial merupakan suatu pendekatan pelayanan perpustakaan yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat selaku pengguna perpustakaan.
 
Webinar 'Literasi dalam Membangun Ekonomi Masyarakat' yang terselenggara via zoom meeting ini merupakan hasil kerja sama antara Perpusnas dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara. Kegiatan ini menghadirkan narasumber anggota Komisi X DPR RI Sofyan Tan, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Provinsi Sumatera Utara Halen Purba, dan Penerima Dampak Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Samidi.
 
Reporter: Basma Sartika


Diunggah oleh admin