|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

13 Oct 2020

Inginkan SDM Berkualitas, Universitas Indonesia Timur Jalin MoU dengan Perpusnas

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - Kepala Perpustakaan Nasional (Perpusnas) Muhammad Syarif Bando melakukan penandatanganan kerjasama atau MoU dengan Rektor Universitas Indonesia Timur Andi Maryam, Selasa, (13/10). MoU yang terjalin antara Universitas Indonesia Timur (UIT) dan Perpusnas meliputi aspek pelayanan, pengembangan, dan pembinaan perpustakaan UIT.

UIT merupakan salah satu universitas swasta yang berdiri sejak tahun 2001 di Makassar. UIT memiliki 22 program studi dari 11 fakultas. Saat ini UIT memiliki tidak kurang 12.000 mahasiswa dan 244 dosen. Agar dapat menghasilkan lulusan yang berkualitas, UIT berharap bisa memperoleh pendampingan dari Perpusnas.

"Mahasiswa kami belum terpapar e-learning dan perpustakaan digital, untuk itu kami harap Perpusnas dapat membina, mengarahkan dan memberikan fasilitas yang ada di Perpusnas," ungkap Andy.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Perpunas mengatakan bahwa gerbang utama untuk meningkatkan kualitas SDM berada pada tingkat perguruan tinggi. Lebih lanjut, Syarif Bando menekankan era digital yang berkembang sangat pesat harus bisa dimanfaatkan dan diimbangi oleh seluruh jenis bidang layanan publik, tak terkecuali perpustakaan.

"Perpustakaan digital memiliki manfaat yang luar biasa. Perpusnas dalam hal ini memiliki beberapa layanan perpustakaan digital yang bisa diakses oleh masyarakat. Salah satunya adalah Indonesia OneSearch (IOS) yang bisa digunakan untuk mencari jurnal referensi," jelas Syarif Bando.

Syarif Bando pun berharap, di masa mendatang lulusan UIT bisa menjadi SDM berkualitas yang mampu bersaing dengan lulusan dari universitas lain dalam mencari lapangan pekerjaan, bahkan menciptakan lapangan pekerjaan.

 

Reporter: Basma Sartika
Fotografer: Ahmad Kemal Nasution



Diunggah oleh admin