|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

01 Oct 2020

Hari Kesaktian Pancasila, Momentum Refleksi Diri dalam Mengenal Pancasila

Salemba, Jakarta – Presiden RI Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara dalam Peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang berlangsung di Monuman Pancasila Sakti, Kamis (1/10). Upacara diikuti para Menteri Kabinet Indonesia Maju, Pimpinan Lembaga Negara beserta Pimpinan Tinggi Madya atau sederajat.

Kepala Perpustakaan Nasional, berkesempatan mengikuti upacara tersebut dengan didampingi Pejabat Pimpinan Tinggi dan Madya secara virtual dari Aula Perpustakaan Nasional. Meski upacara dilaksanakan secara daring dan sederhana namun tetap berlangsung khidmat dengan tetap mengindahkan protokol kesehatan.

Sementara itu, dalam pidatonya secara terpisah, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nadiem Makarim menyampaikan, dalam peringatan Hari Kesaktian Pancasila dapat melakukan refleksi diri dalam mengenal Pancasila sebagai falsafah dan ideologi bangsa.

Sekarang ini terasa sulit membayangkan bencana yang melanda karena pandemi ini secara bersamaan mengalami krisis kesehatan, krisis ekonomi dan krisis pembelajaran. Namun, di masa sulit seperti ini sila-sila dari Pancasila justru terlihat mendarah daging di masyarakat.

Seperti halnya, lilin Pancasila terlihat menyala dalam pengorbanan tenaga medis yang mempertaruhkan nyawanya untuk menyelamatkan pasien Covid-19,

"Pandemi ini menantang negara dan menguji ketangguhan kita sebagai rakyat Indonesia. Pancasila sebagai pusaka negara Indonesia harus menyala di hati kita masing-masing dalam setiap perbuatan kecil dan besar yang bisa kita lakukan bagi sesama," ungkapnya.

Reporter : Wara Merdeka

Fotografer : Ahmad Kemal Nasution



Diunggah oleh admin