|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

28 Sep 2020

Talk Show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat-Literasi Bukan Seremoni, Perlu Komitmen dan Karya Nyata  

 

Deli Serdang, Sumut-Era teknologi industri 4.0 menjadikan nyaris semua aspek kehidupan berjalan sangat cepat. Revolusi teknologi menciptakan akses informasi dan pengetahuan lebih mudah diperoleh. Indonesia jangan lagi berpikir sebagai negara yang konsumtif, melainkan negara yang produktif. Caranya, melalui transfer knowledge.

 

Hal tersebut disampaikan Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando mengawali talk show 'Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat' yang diadakan di Kantor Bupati Deli Serdang, Senin, (28/9).

 

Adaptasi terhadap laju perkembangan teknologi 4.0 bisa dihadapi dengan cara yang tepat, yakni literasi. "Cara pandang manusia harus berubah. Jangan lagi berorientasi sebagai bangsa penikmat. Padahal banyak dinikmati justru berasal potensi sumber daya alam yang dimiliki. Aktivitas transfer knowledge memerlukan kontribusi perpustakaan dan keaktifan pustakawan sebagai aktor terjadinya proses tersebut, " urai Kepala Perpusnas.

 

Literasi bukan sekedar seremoni yang sering disampaikan dalam berbagai kesempatan ilmiah atau forum-forum resmi tetapi literasi perlu tindak lanjut, penguatan, karya nyata, dan komitmen dari berbagai pihak.

 

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama anggota Komisi X DPR RI, Sofyan Tan mengatakan bahwa Kabupaten Deli Serdang merupakan daerah yang paling lengkap. Potensial berkembang di masa depan. Kondisi geografisnya sangat menguntungkan.

 

"Kabupaten Deli Serdang diproyeksikan akan menjadi sentra pembangunan (pilot project) provinsi Sumatra Utara di masa depan, " terang legislator Sofyan Tan.

 

Karena berpotensi menjadi pusat pembangunan provinsi Sumatera Utara di masa depan, maka penting bagi pemerintah daerah Deli Serdang memaksimalkan peran perpustakaan sehingga bisa mendorong terciptanya sumber daya manusia yang unggul dan cakap literasi.

 

Pembangunan gedung perpustakaan baru di Kabupaten Deli Serdang melalui dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp10 miliar pada 2021 mendatang, harus dijadikan pintu masuk untuk membangun SDM yang unggul. Infrastruktur yang sudah baik akan lebih bermanfaat jika dibarengi upaya yang kreatif dan inovatif dari para pustakawan," pungkas Sofyan Tan.

 

Talk show Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat menghadirkan narasumber lain, yakni Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sumut Halen Purba dan pegiat literasi dari TBM Lingkaran, Deli Serdang, Irwanto.

 

Reportase: Hartoyo Darmawan



Diunggah oleh admin (2020-09-28 15:19:21)