|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

28 Sep 2020

Bupati Deli Serdang: Kab Deli Serdang Bangun Perpustakaan Rp10 M di 2021

Deli Serdang, Sumut-Dukungan Perpustakaan Nasional terhadap perkembangan perpustakaan dan literasi di Kabupaten Deli Serdang disambut suka cita Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan. Ikhtiar tersebut sesuai dengan visi pembangunan Kab. Deli Serdang, yakni maju dan sejahtera dengan masyarakat rukun dalam kebhinekaan.

 

"Cara mewujudkan visi pembangunan Deli Serdang adalah dengan ilmu pengetahuan. Kemampuan membaca dan literasi menjadi kata kuncinya," ujar Ashari sebelum membuka talk show 'Peningkatan Indeks Literasi Masyarakat' di Aula Bupati Deli Serdang, Senin, (28/9).

 

Pembangunan gedung perpustakaan baru di Kab. Deli Serdang akan dibangun pada 2021 dengan menggunakan dana alokasi khusus (DAK) senilai Rp10 miliar. Perpustakaan ini diyakini Bupati akan sangat representatif dan modern.

 

Bupati mengakui selama ini perpustakaan banyak dilupakan orang. Masyarakat lebih mengenalinya sebagai gudang buku. Akan tetapi seiring perkembangan peradaban, yang harus dirubah adalah pola pikir (mind set). Oleh karena itu, literasi menjadi krusial

 

Memang lebih mudah melihat kemajuan peradaban suatu negara. Lihat saja dari bagaimana kondisi perpustakaannya. Sangat gampang mencirikannya karena perpustakaan akan diidentikkan sebagai institusi yang mencerdaskan.

 

Kunjungan Perpusnas ke Kab Deli Serdang tidak akan berdampak instan bagi kemajuan masyarakat. Namun, justru akan terlihat perubahan positifnya dalam kurun waktu 5-10 tahun mendatang.

 

"Ini yang membuat kami bersemangat untuk terus maju dan itu memerlukan dukungan dari banyak pihak, seperti halnya Perpustakaan Nasional, " pungkas Bupati.

 

Reportase: Hartoyo Darmawan



Diunggah oleh admin (2020-09-28 15:13:00)