|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

16 Sep 2020

Layanan e-Resources Perpusnas Beri Solusi Referensi

Jakarta - Dari 3.320 perguruan tinggi yang ada di Indonesia, hanya 73,13% atau sejumlah 2.428 perguruan tinggi yang memiliki perpustakaan. Sisanya 892 perguruan tinggi belum memiliki perpustakaan. Dari jumlah perpustakaan tersebut hanya tersedia koleksi sebanyak 2.428.000 eksemplar untuk memenuhi kebutuhan 6.787.805 mahasiswa. Hal tersebut menandakan bahwa setiap satu eksemplar koleksi “diperebutkan” oleh tiga mahasiswa.

Diketahui bahwa penggunaan referensi yang mutakhir dan berasal dari sumber primer yang dapat memperkuat “state of the art” perkembangan penelitian merupakan salah satu syarat dalam publikasi internasional. Namun belum banyak institusi termasuk perguruan tinggi yang mengadakannya, baik dengan melanggan atau melakukan pembelian sumber referensi eletronik (e-resources) dikarenakan harganya yang mahal. Keterbatasan akses terhadap database e-resources berkualitas inilah yang menjadi penyebab rendahnya jumlah publikasi internasional Indonesia.

Melihat kembali ke arah kebijakan pembangunan perpustakaan tahun 2020 dalam meningkatkan ketersediaan sumber daya pengetahuan dan karya intelektual baik tulis, cetak, dan rekam untuk kepentingan pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan, dan pembangunan nasional. Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menjawab tantangan tersebut dengan mengembangkan konsep e-library yaitu perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi sebagai suatu solusi penyedia akses sumber ilmu pengetahuan.

“e-Resources dan iPusnas adalah beberapa jenis layanan inovatif yang disediakan oleh Perpusnas,” ungkap Yawani Nasution, Pustakawan Perpusnas, ketika menjadi narasumber pada Webinar “25 Tahun Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca”, Rabu (16/9).

“Koleksi e-Resources Perpusnas memuat 26 database penerbit yang diantaranya terdiri dari e-journal, e-book, e-video dan ensiklopedia online dan dapat diakses secara terbuka bagi pemustaka di Indonesia,” urai Yawani. Lebih lanjut, Yawani menjelaskan bahwa layanan e-Resources dapat diakses apabila pengguna telah mendaftarkan diri menjadi anggota Perpusnas melalui laman http://keanggotaan.perpusnas.go.id.

Setelah mendaftar, pengguna dapat beralih ke http://e-resources.perpusnas.go.id/ kemudian masukan nomor anggota dan password, selanjutnya tekan “Masuk”. Pada kotak pencarian, ketik kata kunci pencarian dan tekan “Search” untuk memulai pencarian. Agar pencarian lebih akurat, pengguna dapat memilih Advanced Search untuk memasukan lebih banyak informasi yang diketahui selain kata kunci pencarian.

Reporter: Basma Sartika



Diunggah oleh admin (2020-09-16 22:24:21)