|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

16 Sep 2020

Ugrade dan Update Skill dengan iPusnas

Jakarta - Di tengah era digital yang terus berkembang semakin pesat, diperlukan adanya inovasi baru dalam bidang perpustakaan agar pengetahuan masyarakat senantiasa ternutrisi. Untuk hal tersebut Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menyediakan sebuah aplikasi perpustakaan digital yang bernama iPusnas.  iPusnas merupakan aplikasi perpustakaan digital berbasis media sosial yang dapat diakses melalui beragam perangkat seperti gawai, tablet, laptop, dan komputer.

Aplikasi perpustakaan digital ini per tanggal 15 September 2020 memiliki 652.547 salinan buku digital dan 54.571 judul buku. Jumlah pengguna yang mengunduh iPusnas dan jumlah peminjaman buku di iPusnas juga terus meningkat setiap tahunnya. Hal ini membuktikan bahwa perpustakaan harus bisa mengikuti zaman agar senantiasa mendapat tempat di hati masyarakat. “Melalui iPusnas, masyarakat bisa membaca buku dimana pun dan kapan pun secara gratis,” ujar Hety Setiawati, Pustakawan Perpusnas, kala menjadi narasumber pada Webinar “25 Tahun Hari Kunjung Perpustakaan dan Bulan Gemar Membaca”, Rabu (16/9).

Selain membaca buku, pengguna iPusnas juga dapat berbagi koleksi bacaan dan bersosialisasi secara bersamaan. Cara menggunakan iPusnas pun termasuk mudah karena aplikasi ini bisa diunduh langsung di Appstore, Google Play, dan Windows atau melalui laman situs www.perpusnas.go.id yang akan selanjutnya dialihan ke https://ipusnas.id/.  Selanjutnya pengguna bisa melakukan pendaftaran dengan menggunakan email atau akun Facebook.

Untuk peminjaman buku digital, pengguna dapat memilih buku di menu “Collection” kemudian menekan tombol “Pinjam”. Jika stok buku habis, maka pengguna akan otomatis masuk ke daftar antrean. Namun, apabila stok buku tersedia, maka pengguna bisa langsung mengunduh dan membacanya secara daring maupun luring.

“Banyaknya pilihan buku keren yang ada di iPusnas dapat dimanfaatkan untuk mengupgrade dan mengupdate skill yang kita miliki,” tutup Hety.

Reporter: Basma Sartika



Diunggah oleh admin (2020-09-16 22:18:08)