|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

15 Sep 2020

SDM Unggul di Percaturan Global

Makassar, Sulsel--Sudah saatnya perpustakaan daerah berlomba-lomba menjadi pusat perhatian masyarakatnya. Tapi bukan sebagai menara gading. Menonjolkan sisi khas/keunikan berguna agar masyarakat tertarik datang ke perpustakaan.

Kehadiran perpustakaan amat penting dalam menciptakan sumber daya manusia yang unggul dan berkualitas karena tidak selamanya sumber daya alam, meskipun melimpah mampu mensejahterakan jika kondisi masyarakatnya malas, mudah menyerah, dan tidak berkualitas (memiliki daya saing).

"Dunia berubah karena sumber daya manusia bukan sumber daya alamnya.
Ada beberapa negara, meski tidak kaya sumber daya alam, namun dengan modal kualitas SDM-nya justru memiliki income pendapatan yang tinggi karena kemampuan pengetahuan yang dimilikinya. Bisa dikatakan masih tingginya angka kemiskinan di Indonesia karena sudah terlalu lama di-ninabobo-kan oleh kekayaan sumber daya alam, akhirnya malas untuk berpikir maju untuk mengelolanya," terang Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando saat arahan Sinkronisasi Program dan Kegiatan DAK Perpustakaan se-Sulawesi Selatan, pada Selasa, (15/9).

Dalam banyak kesempatan Presiden menekankan pentingnya peningkatan kualitas SDM untuk kesinambungan pembangunan. Lalu, bagaimana caranya? Ajak semua orang membudayakan kegemaran membaca sehingga berkualitas dengan keilmuan.

Saat ini manusia sudah berada di dalam percaturan global. Aspek yang berpengaruh adalah kualitas skill. Head to head skill adalah keniscayaan, maka potensi demografi yang dipunyai Indonesia harus dimaksimalkan.

"Pada seabad Indonesia nanti, usia produktif akan melimpah. Maka itu, pemuda Indonesia dituntut berpikir kreatif, penuh inovasi, dan sarat ide ide brilian yang mampu mengolah kekayaan sumber daya alam menjadi produk yang bernilai guna. Inilah esensi dari pemahaman literasi tingkatan atas, yakni kemampuan menciptakan barang /jasa bagi khalayak luas, " tambah Kepala Perpusnas.

Agar sejalan dengan yang diharapkan, Perpustakaan harus berperan aktif turun dan terlibat di masyarakat, misalnya dengan memberikan sejumlah pendampingan atau bermacam tutorial yang mampu memantik jiwa enterpreneur masyarakat.

Reporter : Hartoyo Darmawan



Diunggah oleh admin