|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

10 Sep 2020

Kepri Raih Terbaik Lomba Bertutur Tingkat SD/MI Nasional 2020  

Salemba, Jakarta—Perlombaan Bertutur SD/MI Tingkat Nasional 2020 telah menemukan pemenangnya. Latisya Arwa Jossi dari Provinsi Kepulauan Riau terpilih sebagai Juara Pertama. Untuk pertama kalinya, Lomba Bertutur tingkat nasional diikuti oleh 34 provinsi.

Kepala Pusat Analisis Perpustakaan dan Pengembangan Budaya Baca Perpusnas Adin Bondan mengatakan keikutsertaan peserta dari 34 provinsi menunjukkan betapa lomba bertutur ini membingkai pluralisme dalam kerangka NKRI. “Ini juga membuktikan kalau anak-anak punya literasi yang baik,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perpusnas Muhammad Syarif Bando berpesan bahwa tugas menyiapkan generasi milenial Indonesia agar memiliki pijakan budaya literasi yang kuat bukan tugas ringan. “Literasi bagian penting agar Indonesia dapat bersaing dan berkompetisi secara global,” pesan Syarif Bando.

Mengingat pentingnya literasi bagi generasi penerus, maka pembangunan budaya baca tidak bisa dilakukan secara parsial. Perlu komitmen serius dari semua pihak lewat Gerakan Nasional Pembudayaan Kegemaran Membaca.

Kebiasaan membaca perlu didorong, difasilitasi, dimotivasi, diberi contoh, dan dilatih sejak dini. Ciptakan lingkungan yang kondusif dan nyaman. Selain itu, ketersediaan serta kemudahan memperoleh bahan bacaan yang menarik, berkualitas dan sesuai kebutuhan pembaca juga perlu diperhatikan sebagai faktor penentu keberhasilan.

“Mari kita bangun masa depan bangsa dengan literasi. Anak Indonesia adalah anak yang cerdas. Anak-anak yang hebat. Mereka harus disiapkan agar bisa bersaing di era globalisasi,” tambah Kepala Perpusnas.

Keseriusan mereka perform meski di tengah kondisi yang tidak ideal akibat pandemi juga diacungi jempol dari para dewan juri. Kunduri, salah satu juri lomba mengatakan walaupun harus tampil secara virtual tapi antusiasme dan semangat anak-anak masih luar biasa. “Kami para juri agak sulit menentukan yang terbaik karena rata-rata mereka berada dalam kondisi top performance,” imbuh Kunduri.

Kepri Unjuk Gigi

Hasil akhir Lomba Bertutur SD/MI tingkat Nasional 2020 memutuskan Latisya Arwa Jossi dari Provinsi Kepulauan Riau sebagai Juara Pertama. Latisya menyisihkan 33 kompetitor dari berbagai provinsi di Indonesia.  

Tisya, sapaan akrabnya, mengaku terharu dan bersyukur ketika disebutkan oleh Dewan Juri. Pasalnya, Tisya berasal dari daerah mendekati perbatasan, yaitu Kepulauan Anambas. Setelah berhasil menjuarai di tingkat kabupaten pada awal 2020, ia langsung mempersiapkan diri dengan meningkatkan intensitas latihan.  

“Semoga teman-teman terus menjaga semangat berkunjung dan membaca buku di perpustakaan. Saya yakin jika kita semua rajin membaca buku, negara Indonesia akan semakin maju dan sejahtera,” pungkas Tisya.

Berikut nama-nama pemenang Lomba Bertutur tingkat SD/MI Nasional 2020 :

Juara 1           : Latisya Arwa Jossi (Kep Riau)

Juara 2           : Rifhan Hijazi (Jambi)

Juara 3           : Maya Dwi Andini (Jawa Tengah)

Harapan 1      : Azriel Naveed Adnan (Gorontalo)

Harapan 2     : Queen Risma Setya Azzahra (Jawa Timur)

Harapan 3     : Prema Eka Jati (DIY)

 

Reporter : Agus Djoko, Josan Kusuma

Fotografer : Ahmad Kemal



Diunggah oleh admin