|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

05 Sep 2020

SKB CPNS Perpusnas Digelar sesuai Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19

Cawang, Jakarta - Perpustakaan Nasional RI menggelar Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Formasi Tahun 2019. Seleksi berbasis Computer Assisted Test (CAT) ini berlangsung pada 2 September-23 September 2020 di 12 kota seluruh Indonesia.

Kepala Biro Sumber Daya Manusia dan Umum Ahmad Masykuri menyatakan sebanyak 132 orang mengikuti SKB dan nantinya akan dipilih 57 orang untuk mengisi 19 jabatan. “Tes SKB digelar di beberapa daerah, yang di Jakarta memang baru mulai hari ini sebanyak 69 orang. Tadi dimulai tepat pada pukul 14.30 WIB, namun satu jam sebelumnya peserta sudah hadir di sini dan sudah mulai pendaftaran,” jelasnya di sela-sela SKB yang berlangsung di Kantor Badan Kepegawaian Negara Pusat, Cawang, Jakarta, pada Sabtu (5/9/2020).

Demi mencegah penyebaran penyakit Covid-19, SKB dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan, mulai dari proses antrean, cek suhu tubuh, hingga pelaksanaan ujian. “Tadi misalnya ada yang suhunya 37, nah itu dia istirahat dulu ternyata dia kepanasan karena naik ojek. Nah dia setelah istirahat baru dia turun. Nah ini, jangan sampai dari calon peserta ini ada yang terkena virus,” urainya.

Ahmad menjelaskan, SKB digelar di 12 kota yakni Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, Banjarmasin, Palembang, Semarang, Padang, Pontianak, Lampung, dan Mataram. Persebaran ini dilakukan untuk efektivitas dan efisiensi sehingga dekat dengan kota asal peserta. Dalam kondisi pandemi, bisa memilih kota terdekat memudahkan para peserta sehingga tidak perlu melakukan perjalanan yang berisiko. 

Setelah SKB, tuturnya, nilai Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dan SKB akan diakumulasikan oleh BKN. “Kita tinggal menerima hasil dari BKN. Pengumuman rencananya akhir Oktober,” tuturnya.

SKD CPNS Formasi Tahun 2019 di lingkungan Perpustakaan Nasional RI berlangsung pada awal 2020. Sebanyak 2.158 peserta mengikuti SKD berbasis CAT yang berlangsung di Jakarta pada 18 Februari 2020, Makassar pada 22 Februari 2020, Padang pada 24 Februari 2020, dan Yogyakarta pada 4-5 Maret 2020.

Peserta SKD yang memenuhi nilai minimal sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2019 diperingkatkan dalam tiga besar sesuai dengan formasi yang dilamar.

Peserta yang lulus akan ditempatkan di Kantor Pusat Jakarta yakni Salemba dan Medan Merdeka Selatan, serta UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Blitar.

Reporter: Hanna Meinita
Fotografer: Hartoyo Darmawan



Diunggah oleh admin