|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

24 Aug 2020

Rakor Pembahasan Program dan Anggaran Perpustakaan 2021 : Peran Pemda dan Support CSR Sangat Diharapkan

Medan Merdeka Selatan, Jakarta—Pandemi akibat Covid-19 menunjukkan perlunya penguatan literasi di masyarakat agar bisa kembali produktif. Meski di satu sisi upaya ke arah sana masih memerlukan kerja keras. Ketimpangan infrastruktur perpustakaan antarwilayah membuktikan bahwa tugas besar ini bukan semata tanggung jawab Perpustakaan Nasional (Perpusnas) semata.

“Peran perpustakaan amat penting namun harus dibarengi oleh dukungan pemerintah daerah, termasuk support aktif dari CSR (Corporate Social Responsibility-red),” beber Kepala Perpusnas saat Rapat Koordinasi Pembahasan Program dan Anggaran Perpustakaan 2021 yang digelar secara virtual pada Senin pagi, (24/8).

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 juga ditegaskan bahwa pembangunan manusia menjadi salah satu prioritas nasional yang dicanangkan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas. Arah kebijakan dan strategi dalam RPJMN tersebut adalah meningkatkan literasi, inovasi, dan kreativitas bagi terwujudnya masyarakat yang berpengetahuan dan berkarakter. Turunan dari arah kebijakan dan strategi yang dilakukan memiliki sejumlah program dan kegiatan prioritas, yakni peningkatan budaya literasi dan penguatan institusi sosial penggerak literasi dan inovasi.

“Ada empat tingkatan literasi yang ingin dicapai. Pertama, kemampuan mengumpulkan sumber-sumber bahan bacaan. Kedua, kemampuan memahami apa yang tersirat dan tersurat. Ketiga, kemampuan mengemukakan ide-ide, gagasan, kreativitas, ataupun inovasi baru. Dan keempat, kemampuan menciptakan barang atau jasa yang bermutu yang bisa dipakai pada kompetisi global," tambah Syarif Bando.

Sedangkan, parameter pembangunan perpustakaan di Indonesia mencakup kemerataan layanan perpustakaan berbasis inklusi sosial, tenaga perpustakaan yang terampil, kreatif, dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat, tranformasi perpustakaan berbasis koleksi dan program untuk masyarakat, serta komitmen juga dukungan stakeholder untuk transformasi perpustakaan yang berkelanjutan.

 

Reportase : Hartoyo Darmawan

Fotografer : Rd Radityo



Diunggah oleh admin