|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

24 Jul 2020

Webinar Bersama DBI: Membaca Bukan Sekedar Hobi, Tapi Kebutuhan  

Salemba, Jakarta-Pandemi mengubah sudut pandang cara penyampaian pengetahuan dan penyebaran informasi. Saat ini ruang digital menjadi hal yang wajar dalam mendapatkan segala sesuatu. Perpustakaan tidak ketinggalan menghiasi ruang digital dengan berbagai tema peningkatan kegemaran membaca, termasuk pemenuhan kebutuhan informasi masyarakat

"Di masa pandemi, kegiatan webinar menjadi yang dibutuhkan masyarakat untuk terus menambah pengetahuan. Dan perpustakaan sangat siap untuk menghadapi perubahan di masa pandemi ini," ucap Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Perpusnas Woro Titi Haryanti pada Webinar 'Nikmatnya Membaca Buku' bersama Duta Baca Indonesia (DBI), Jumat, (24/7).

Ruang digital seperti webinar merupakan salah satu sarana mendapatkan pengetahuan meski harus mengikuti protokol kesehatan, masyarakat tetap mengakses layanan digital Perpusnas, seperti iPusnas, khastara, dan Indonesia OneSearch (IOS), imbuh Deputi Woro.

Membaca buku fisik maupun buku digital tidak sekedar menambah wawasan. Aktivitas rutin membaca buku mampu menjaga fungsi otak. Manfaat tersebut konon bisa bertahan seumur hidup. Sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa aktivitas membaca buku dapat merangsang mental bahkan dapat mencegah penyakit Alzheimer dan Demensia. Selain sebagai relaksasi, ada kedamaian batin dan ketenangan yang diperoleh dari membaca.

Banyak orang abai terhadap manfaat dari seringnya membaca. Membaca, selain dapat menurunkan tekanan darah juga membantu orang yang menderita gangguan mood dan penyakit mental ringan. Bukan sebaliknya, dimana banyak yang beranggapan bahwa membaca buku justru membuat otak terus bekerja dan menimbulkan stres. Padahal, hakekat manfaat membaca buku adalah mengurangi stres.

Di samping itu, Perpusnas mengakui kegiatan DBI Najwa Shihab yang kini memasuki tahun kelima telah mendapatkan perhatian masyarakat, khususnya mengenai peran perpustakaan dalam kehidupan masyarakat. Terlebih di masa pandemi ini, Duta Baca Indonesia terus memberikan perhatian terhadap segala usaha meningkatkan kemampuan literasi masyarakat.

“Membaca semestinya bukan sekedar hobi, tapi kebutuhan. Tumpukan buku seperti ajakan menjelajahi misteri kehidupan dan semesta yang hanya dicapai dengan ribuan kali masa kehidupan,” pungkas Deputi.

 

Webinar Perpusnas bersama DBI merupakan bagian roadshow yang semestinya diselenggarakan secara tatap muka. kali kedua. Sedangkan, bagi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Kalsel kehadiran bersama DBI adalah yang kedua setelah sebelumnya pada 2019 lalu di Banjarmasin.

Sekedar informasi, sejak 2017-2019, Perpusnas telah menghibahkan sebanyak enam unit mobil perpustakaan keliling beserta koleksinya untuk kebutuhan pengetahuan masyarakat dan pemustaka di Kab. Balangan, Kab. Tanah Bumbu, Kab, Hulu Sungai Selatan, Kab. Hulu Sungai Utara, dan Kab. Banjar, dan dinas perpustakaan dan kearsipan provinsi.  

Selain itu, pada 2019 dan 2020, Perpusnas memberikan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik dan non fisik di bidang perpustakaan senilai puluhan miliar untuk pembangunan, antara lain pembangunan gedung perpustakaan di Kab. Tanah Bumbu pada 2019, dan Kab. Tapin pada 2020 masing-masing senilai Rp10 miliar, serta pengadaan fasilitas untuk pemustaka difabel di provinsi serta bantuan lainnya.

 

Reportase : Hartoyo Darmawan

Fotografer : Ahmad Kemal



Diunggah oleh admin