|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

20 Mar 2020

Perpustakaan Nasional Hadirkan Fitur Terbaru “Ask a Librarian”

Jakarta - Layanan Perpustakaan Nasional RI menghadirkan inovasi, “Ask a Librarian”, melalui fitur livechat di portal www.perpusnas.go.id. Fitur livechat yang dihadirkan untuk menjawab kebutuhan masyarakat atas akses dan informasi mengenai Perpusnas ini bisa diakses di portal Perpusnas mulai Kamis (19/3/2020).

Pada fitur livechat yang tersedia di halaman depan portal Perpusnas tersebut, masyarakat dapat menanyakan beragam informasi terkait Perpusnas seperti penelusuran koleksi, informasi kunjungan, informasi magang atau pelatihan, informasi keanggotaan, dan sebagainya. Pertanyaan bakal langsung ditanggapi oleh para agen yang sesuai dengan bidangnya. Fitur ini merupakan salah satu pengembangan layanan dari Pusat Jasa Perpustakaan dan Informasi Perpusnas yang dinamai Layanan Referensi Virtual.

Layanan Referensi Virtual merupakan layanan personal untuk menjawab pertanyaan atau kebutuhan informasi pemustaka, di mana pustakawan dan pemustaka tidak berada di tempat yang sama ketika berinteraksi.

Dasar hukum pelaksanaan Layanan Referensi Virtual adalah pasal 14 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan yang berisi tentang pemberian layanan perpustakaan secara prima dan berorientasi kepada kepentingan pemustaka. Kehadiran Layanan Referensi Virtual memudahkan masyarakat Indonesia dalam mendapatkan informasi yang cepat, tepat, dan akurat, langsung dari Perpusnas. Selain itu, pemustaka yang secara geografis jauh dari Gedung Perpusnas di Jakarta, mendapatkan layanan yang sama baiknya dengan masyarakat yang datang langsung ke perpustakaan.

Selain melalui fitur livechat, Layanan Referensi Virtual juga bisa diakses melalui surat elektronik (surel): layanan_referensi@perpusnas.go.id. Pertanyaan seputar referensi seperti penelusuran data, penelusuran informasi, penelusuran bahan perpustakaan, dan pengajaran penelusuran baik secara onsite maupun secara online dapat ditanyakan lewat surel tersebut. Pustakawan Referens Perpustakaan Nasional RI siap menjawab pertanyaan yang diajukan.

Kehadiran surel layanan referensi dan fitur livechat diharapkan masyarakat mendapatkan informasi akurat mengenai layanan Perpusnas dan informasi lainnya yang dibutuhkan masyarakat.

Reporter: Achmad Riyadi Alberto & Hanna Meinita

Ilustrator: Achmad Riyadi Alberto



Diunggah oleh admin (2020-03-27 06:31:37)