|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

06 Mar 2020

Gunakan DAK Perpustakaan, Gedung Perpustakaan Kabupaten Tanah Bumbu Siap Diresmikan

Salemba, Jakarta - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu meminta Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando untuk meresmikan gedung baru perpustakaan. Gedung empat lantai yang dibangun menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Perpustakaan Tahun 2019 tersebut rencananya diresmikan pada 8 April 2020 bersamaan dengan hari jadi kabupaten yang terletak di Kalimantan Selatan tersebut.

Tahun lalu, melalui DAK Fisik Bidang Perpustakaan Tahun 2019, Kabupaten Tanah Bumbu menerima bantuan pembangunan gedung perpustakaan. DAK merupakan salah satu program unggulan Perpusnas untuk pemerintah daerah dalam rangka pemerataan fasilitas perpustakaan di Indonesia.

Wakil Bupati Tanah Bumbu Ready Kambo berharap fasilitas perpustakaan yang baru ini akan memajukan masyarakat Tanah Bumbu. Melalui membaca buku, pengetahuan masyarakat diharapkan bertambah. Dengan membaca buku, literatur, dan segala macam, literatur nasional yang masuk ke sana, dengan sendirinya SDM di sana kan meningkat dia punya pengetahuan. Itu tujuannya meningkatkan SDM di sana dengan adanya perpustakaan ini, urainya.

Wabup Ready menyatakan hal ini saat melakukan kunjungan ke Perpustakaan Nasional, Jl. Salemba Raya No. 28A, Jakarta, pada Jumat (6/3/2020). Selain wabup, turut hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu Alvia Rahman, anggota DPRD, dan kepala dinas. Rombongan legislatif dan eksekutif Kabupaten Tanah Bumbu ini diterima Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Woro Titi Haryanti, Sekretaris Utama Sri Sumekar, Deputi Bidang Pengembangan Bahan Pustaka dan Jasa Informasi Ofy Sofiana, dan pustakawan Perpustakaan Nasional.

Selain itu, Wabup Ready berkonsultasi dengan pimpinan tinggi madya Perpusnas meminta bantuan DAK Perpustakaan tahun 2021 untuk mengisi bangunan baru tersebut. Tiga menu bantuan yang akan diajukan adalah teknologi informasi dan komunikasi (TIK), perabotan, dan koleksi perpustakaan. Saat ini, gedung baru diisi dengan koleksi perpustakaan dari bangunan lama. Tapi mohon untuk selanjutnya, kami dibantu untuk pengisian itu termasuk buku-buku yang diperlukan untuk masyarakat Tanah Bumbu. Penerimaan yang luar biasa, jadi kami senang sekali diterima secara kekeluargaan, jelasnya ditemui usai pertemuan.

Sementara itu, Deputi Woro mengapresiasi kehadiran Wakil Bupati dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tanah Bumbu yang datang bersama ke Perpusnas. Menurutnya, ini merupakan kesatuan dukungan unsur eksekutif dan legislatif terhadap perpustakaan. Dukungan dari Wabup dan Wakil Ketua DPRD membuat kami sangat yakin, jelasnya.

Dengan adanya gedung baru, Deputi Woro berharap disiapkan pejabat fungsional pustakawan. Tenaga ahli profesional yang kompeten dibutuhkan untuk mengelola perpustakaan baru tersebut. Kalau bisa ada formasi untuk pustakawan, apakah itu inpassing atau perekrutan baru. Kepala Dinas bisa menghitung beban kerjanya kemudian dilaporkan ke bupati, tuturnya.

Deputi Ofy menjelaskan ada banyak produk Perpusnas yang bisa dimanfaatkan Kabupaten Tanah Bumbu. Seperti aplikasi perpustakaan digital iPusnas, perangkat lunak aplikasi otomasi perpustakaan INLISLite, dan situs web yang memajang hasil alih media naskah kuno nusantara, Khastara.

Reporter: Hanna Meinita/Fotografer: Radhitya Purnama

 

 



Diunggah oleh admin