|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

19 Feb 2020

Agar Lolos Tes SKD CPNS Perpusnas, Peserta Diimbau Tekun Belajar

Cawang, Jakarta – Sebanyak 2.158 peserta mengikuti tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) di lingkungan Perpustakaan Nasional RI. Rangkaian tahapan Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 ini diawali di Kantor Pusat BKN, Jakarta pada 18 Februari 2020.

Mereka bersaing untuk 19 jabatan dan mengisi 57 formasi. Peserta yang lulus akan ditempatkan di Kantor Pusat Jakarta yakni Salemba dan Medan Merdeka Selatan, serta UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno di Blitar.

Tes SKD CPNS Perpusnas terdiri dari 100 soal menggunakan sistem CAT selama 90 menit. Kepala Subbagian Pengangkatan, Pemberhentian, dan Pensiun Perpustakaan Nasional RI Tanto Anton Purboyo menyatakan tes SKD terdiri dari 35 soal Tes Karakteristik Pribadi (TKP), 30 soal Tes Intelegensia Umum (TIU), dan 35 soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

Sesuai Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 24 Tahun 2019, peserta harus memenuhi nilai minimal dalam tes SKD. Sesuai dengan formasi yang tersedia di Perpusnas, ada empat yakni Umum, Cumlaude, Disabilitas, dan Putra/Putri Papua dan Papua Barat.

Setiap formasi memiliki nilai minimal, untuk Umum nilai minimal TWK adalah 65, TIU 80, dan TKP 126. Untuk formasi Cumlaude nilai minimal adalah TIU 85 dengan nilai total minimal 271. Untuk formasi Disabilitas nilai minimal adalah TIU 70 dan nilai total minimal 260. Formasi Putra/Putri Papua dan Papua Barat nilai minimal adalah 60 dengan nilai total minimal 260. Khusus untuk formasi Dokter dan Dokter Gigi, nilai minimal adalah TIU 80 dan nilai total 271.

Tanto Anton berpesan agar peserta SKD lolos ke tahapan berikutnya, harus banyak belajar. “Semuanya harus belajar agar bisa lolos SKD dan tentunya lolos sampai seleksi akhir ya,” jelasnya di Kantor Pusat BKN, Jakarta, pada Selasa (18/2/2020).

Peserta SKD yang memenuhi nilai minimal dari setiap kategori soal akan diperingkatkan dalam tiga besar sesuai dengan formasi yang dilamar. Setelah pengumuman peserta yang lolos SKD, mereka akan mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Tanggal pelaksanaan tes SKB belum diumumkan karena masih menunggu informasi dari Panitia Seleksi Nasional.

Penilaian untuk materi soal TIU dan TWK apabila menjawab benar nilainya lima dan apabila salah atau tidak menjawab nilainya nol. Penilaian untuk materi soal TKP apabila menjawab nilai tertinggi lima, nilai terendah satu, dan tidak menjawab nilainya nol.

Tes SKD CPNS Perpusnas Tahun 2020 berlangsung di empat kota yakni Jakarta pada 18-19 Februari 2020, Makassar pada 22 Februari 2020, Padang pada 24 Februari 2020, dan Yogyakarta pada 4-5 Maret 2020.

Reporter: Hanna Meinita

Fotografer: R. M. Raditya

 



Diunggah oleh admin