|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

19 Feb 2020

Perpusnas Partisipasi Dukung Gerakan IBAM

Kuningan, Jakarta - Data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2019 melansir bahwa satu dari empat penduduk di Indonesia adalah anak muda. Fakta tersebut bukan sekedar kabar baik tapi juga tantangan besar generasi muda di Indonesia.  Bertepatan satu dekade Mata Najwa,  di awal 2020, melalui inisiasi Narasi, Najwa Shihab melahirkan Gerakan Indonesia Butuh Anak Muda (IBAM) di Ciputra Entrepreneur, Rabu, (19/2). Gerakan IBAM adalah gerakan anak muda untuk diajak bersama-sama melakukan perubahan demi Indonesia yang lebih baik di masa depan. Dan Perpustakaan Nasional RI sebagai bagian dari lokomotif program pencerdasan anak bangsa tidak ketinggalan berpartisipasi dengan membuka gerai (stand) informasi terkait layanan digital, seperti layanan keanggotaan, e-book, e-resources, iPusnas, dan pameran beberapa koleksi Memory of The Worl (MOW) Negarakretagama, dan Naskah Panji. 

Sedikitnya 400 kartu anggota layanan disiapkan Perpusnas untuk mengantisipasi antusiasme pengunjung yang memang semuanya adalah anak muda. Di gerai layanan Perpusnas menyediakan aneka souvenir menarik bagi pengunjung, seperti komik edisi MOW, scraf, dan kaos eksklusif.  Dan yang lebih istimewa, Duta Baca Indonesia yang juga pendiri Narasi TV Najwa Shihab berkesempatan mendatangi booth Perpusnas dan memberikan 'Salam Literasi'.

Pada malam harinya digelar juga talkshow satu dekade Mata Najwa dengan menghadirkan berbagai tokoh dan figur public, diantaranya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama, Menteri BUMN Eric Thohir, Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, dan penulis/musisi Fiersa Besari,. Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Utama Perpusnas Sri Sumekar bersama Deputi Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan Woro Titi Haryanti, Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pemasyarakatan Minat Baca (P3MB) Deni Kurniadi, dan Kepala Bidang Pemasyarakatan Minat Baca nani Suryani berkesempatan hadir mengikuti talkshow  secara live. 

 

Reportase/Fotografer : Hartoyo Darmawan

 



Diunggah oleh admin