Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

14 Feb 2020

Arsip dan Perpustakaan Tidak Bisa Dipisahkan

Salemba, Jakarta - Plt Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) M. Taufik beserta jajarannya melakukan kunjungan ke Perpustakaan Nasional, Jumat (14/02). Kunjungan diterima langsung oleh Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando beserta pimpinan eselon 1 Perpustakaan Nasional.

Plt Kepala ANRI M. Taufik mengatakan, arsip dan perpustakaan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan.  "Hidup adalah arsip, hidup itu membaca. Arsip melekat sebagai identitas seseorang dan untuk memahaminya harus membaca," ungkapnya.

Dijelaskan, kunjungannya kali ini untuk menjalin silahturahmi antara ANRI dengan Perpustakaan Nasional. Diharapkan ada kerjasama diantara keduanya.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Perpustakaan Nasional, Muhammad Syarif Bando, bahwa antara perpustakaan dan arsip tidak dapat dibandingkan, karena keduanya memiliki peran yang penting dalam kehidupan.

"Di setiap kesempatan, seperti kunjungan ke daerah  selalu ditekankan bahwa perpustakaan dan arsip sama-sama penting. Kalau arispnya bagus tetapi tidak dibaca buat apa," ungkapnya.

Kepala Perpusnas mengibaratkan perpustakaan dan arsip seperti halnya sebuah pesawat dengan satu mesin, dengan sayap kanan perpustakaan dan arsip berada di sayap kiri. sehingga diperlukan sinergi diantara keduanya. "Semoga silahturahmi ini tetap terjaga dalam membangun hubungan yang positif antar lembaga," pungkasnya.

Reportase           : Wara Merdekawati

Fotografer          : Raden Radityo

 



Diunggah oleh admin (2020-02-14 16:17:19)