|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

10 Feb 2020

Tingkatkan Literasi Masyarakat, Kab. Sidoarjo Bangun Perpustakaan Hingga ke Desa

Medan Merdeka Selatan, Jakarta - DPRD di setiap daerah memiliki peran sebagai penentu jalannya pemerintahan, tidak terkecuali Kabupaten Sidoarjo baik dalam pengawasan dan kewenangannya termasuk untuk bidang perpustakaan. Dan demi meningkatkan indeks literasi masyarakat, Kabupaten Sidoarjo ingin membangun perpustakaan di bangun hingga ke desa/kelurahan. Oleh karena itu, pihaknya memerlukan master plan sebagai pedoman untuk mendorong pembangunan perpustakaan desa.

"Kami telah berikan dorongan penuh terhadap keberadaan perpustakaan di Kabupaten Sidoarjo. Namun, kami tetap membutuhkan master plan agar pembangunan perpustakaan desa tersebut dapat terealisasi," ungkap anggota DPRD Kab. Sidoarjo Ali Sutjipto di Perpustakaan Nasional, Senin (10/2).

Menanggapi hal tersebut Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando menjelaskan bahwa sejatinya ilmu yg didapat dari membaca buku sangat bisa menjadikan sebuah negara untuk maju lebih pesat. Itu bisa diartikan bahwa perpustakaan dapat mengantar bangsa ini menjadi bangsa yang produktif dengan masyarakat yang sejahtera.

"Perpustakaan dalam konteksnya ada tiga, yakni mampu mengelola koleksi, mengelola pengetahuan dan membagi pengetahuan (transfer knowledge)," tambah Syarif Bando.

Di abad 21 ini, kemampuan transfer knowledge sangat diperlukan untuk mensejahterakan masyarakat terutama mereka yang berada di desa.

Reporter: Basma Sartika


Fotografer: Raden Radityo



Diunggah oleh admin