|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

31 Jan 2020

Kab. Kebumen Dapat Tambahan Satu Unit Mobil Perpustakaan Keliling Dari Perpusnas

Medan Merdeka Selatan, Jakarta- Kepala Perpustakan Nasional menyerahkan secara simbolis bantuan Mobil Perpustakaan Keliling kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Kebumen Jumat (31/1). Hal tersebut dilakukan bertepatan dengan studi banding jajaran DPRD dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kab. Kebumen ke Gedung Perpusnas Medan Merdeka Selatan terkait penyelenggaraan perpustakaan.

Wakil Ketua DPRD Kab. Kebumen Yuniarti Widyaningsih menyampaikan saat ini Kab. Kebumen memiliki lebih dari 1,3 juta penduduk. “Kami berifikir bagaimana minat baca di Kab. Kebumen dapat terus meningkat. Selain itu kami ingin akses terhadap buku dapat dinikmati masyarakat sampai ke pelosok,” imbuhnya.

Saat ini masyarakat Kab. Kebumen tersebar di 11 kelurahan, 26 kecamatan, dan 460 desa. Yuniarti berharap dapat memperoleh bantuan dari pemerintah pusat, mengingat sampai saat ini APBD dan dana desa dirasa belum memihak pada pengembangan perpustakaan di Kab. Kebumen.

Kepala Bidang Perpustakan Umum dan Perpustakaan Khusus Perpustakaan Nasional, Nurhadisaputra menjelaskan bahwa Perpusnas memiliki banyak stimulan untuk daerah dalam mengembangkan perpustakaan daerah. Salah satunya melalui bantuan mobil perpustakaan keliling.

“Kab. Kebumen sebelumnya telah menerima dua unit bantuan mobil perpustakaan keliling, yaitu pada 2008 dan 2013,” jelas Hadi. Dengan stimulan berupa bantuan tersebut diharapkan kedepannya daerah akan mampu mengembangkan perpustakaannya secara mandiri.

 

Reportase: Eka Purniawati

Fotografer: Raden Radityo



Diunggah oleh admin