|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

28 Jan 2020

Rapat Kerja Pusat Perpusnas 2020 : Perpustakaan Diharapkan Dukung Literasi Major Project  

Salemba, Jakarta—Dua dari tujuh agenda pembangunan sesuai Rencana Pemerintah Jangka Pendek dan Menengah (RPJMN) 2020-2024 yang diperkuat dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 18 Tahun 2020 adalah pembentukan sumber daya manusia berkualitas dan berdaya saing serta revolusi mental dan pembangunan kebudayaan. RPJMN 2020-2024 memuat 41 proyek prioritas nasional (major project). Perpustakaan Nasional (Perpusnas) sangat diharapkan perannya untuk mendukung literasi pada Major Project.

Demikian disampaikan oleh Direktur Alokasi Pendanaan Pembangunan Bappenas Erwin Dimas pada kesempatan Rapat Kerja Pusat (Rakerpus) Perpusnas 2020 pada Selasa, (28/1/2020). Major Project merupakan proyek strategis yang terintegrasi baik dari K/L pusat, daerah, BUMN, dan masyarakat.

“Peran perpustakaan bisa dioptimalkan pada sektor peningkatan kapasitas SDM pariwisata dan industri, literasi untuk gizi keluarga dalam upaya penanganan stunting dan pengembangan implementasi teknologi tepat guna di masyarakat, seperti rencana pembangunan science techno park di empat universitas,” beber Erwin Dimas dihadapan peserta Rakerpus.  

Namun, untuk sumber pendanaan karena kebutuhan yang tinggi, tambah Direktur Alokasi Pendanaan Pembangunan, Perpusnas perlu mengembangkan inovasi demi meningkatkan kualitas dan kapasitas penganggaran, seperti memanfaatkan sumber non rupiah murni, menyelaraskan program/kegiatan antar K/L, optimalisasi dana alokasi khusus (DAK), serta peran serta masyarakat (CSR) untuk sarana dan prasarana perpustakaan.

 

Reporter : Hartoyo Darmawan

Fotografer : Rd Radityo



Diunggah oleh admin