|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

23 Jan 2020

Rakernis Sekretariat Utama, Sestama : “Target yang Belum Tercapai Menjadi Prioritas di Tahun 2020”

Salemba, Jakarta - Tersedianya ASN yang kompeten, pengelolaan anggaran Perpustakaan Nasional secara optimal dan terlaksananya birokrasi Perpusnas yang efektif dan efisien, menjadi target rencana strategis (renstra) tahun 2015-2019 yang disampaikan Kepala Biro Umum, Joko Budi Santoso dalam Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Sekretariat Utama, di Teater Salemba, Kamis (23/1).

“Tahun ini, agenda di bagian kepegawaian salah satunya dengan seleksi Calon Aparatur Sipil Negara, yang akan dilakukan tes SKD mulai 18 Februari, di empat kota yakni Jakarta, Padang, Makassar dan Yogyakarta. Tahun ini kami merekrut sebanyak 57 pegawai," jelasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Hukum dan Perencanaan, Joko Santoso menyampaikan keberhasilan yang telah dicapai Biro Hukum dan Perencanaan yakni kegiatan perpustakaan masuk dalam kegiatan Prioritas Nasional yakni penguatan literasi untuk kesejahteraan, selain itu juga masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2020 melalui program penguatan budaya literasi, inovasi, dan kreativitas.

“Di tahun 2019 Perpustakaan Nasional mendapatkan Dana Alokasi Khusus atau DAK, untuk alokasi fisik sebesar 300 Milyar, dan tahun 2020 mendapat 450 Milyar. Dari dana alokasi khusus ini diharapkan dapat meningkatkan layanan perpustakaan, khususnya perpustakaan daerah,” jelasnya. 

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Utama Sri Sumekar mengapresiasi atas kinerja Biro Umum, Biro Perencanaan dan Hukum, dan Inspektorat yang dilakukan di tahun 2019. Pihaknya berharap target yang belum tercapai di tahun 2019 dapat menjadi prioritas di tahun 2020.

“Salah satunya dalam mewujudkan ASN Perpusnas yang kompeten dan profesional, masalah yang dihadapi  kurangnya pengembangan kompetensi. Sehingga perlu adanya solusi misalnya usulan kegiatan pengembangan kompetensi. Selain itu program atau kegiatan yang berkelanjutan harus diprioritaskan dalam resntra tahun 2020-2024,” terangnya.

Seperti diketahui, rapat kerja teknis ini dilakukan guna memantapkan rencana kerja yang akan dilakukan di tahun 2020, sekaligus untuk menyusun rencana strategis (renstra) tahun 2020-2024.

 

Reportase      : Wara Merdekawati

Fotografer      : Hartoyo Darmawan



Diunggah oleh admin