|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

22 Jan 2020

Kabupaten Belitung Harapkan Tambahan Mobil Perpustakaan Keliling

Medan Merdeka Selatan, Jakarta- Terdiri dari 5 kecamatan dengan jumlah penduduk lebih dari 175 ribu jiwa membuat 1 mobil perpustakaan keliling tidak mampu melayani kebutuhan masyarakat Kab. Belitung. Terlebih lagi jarak antar desa dalam dan kecamatan memang terbilang cukup jauh. Hal tersebut yang disampaikan langsung oleh Ketua Komisi I DPRD Kab. Belitung Syamsir saat berkunjung ke Perpustakaan Nasional Rabu (22/01).

“Kami mengharapkan fasilitas seperti Mobil Perpustakaan Keliling untuk bisa ditambah karena manfaatnya akan sangat besar sekali untuk kami yang jarak antar kecamatannya cukup jauh,” jelasnya.

Sejalan dengan hal tersebut Asisten Pemerintah Daerah Kab. Belitung Ita Wahyuni yang turut hadir menjelaskan adanya bantuan Mobil Perpustakaan Keliling yang diberikan oleh Perpustakaan Nasional pada 2006 kini sudah tidak mampu beroperasi secara maksimal.

“Untuk mendukung program inovasi oleh Pemerintah Kab. Belitung di bidang pendidikan dan peningkatan ekonomi masyarakat, kami ingin perpustakaan juga turut berperan serta,” ungkap Ita. Lebih lanjut, dirinya berharap melalui perpustakaan masyarakat juga dapat memiliki akses informasi secara digital seperti yang telah dikembangkan Perpustakan Nasional.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando yang menerima langsung kunjungan ini menyampaikan apresiasi atas perhatian Komisi I DPRD Kab. Belitung terhadap kebutuhan perpustakaan untuk masyarakatnya. Syarif menjelaskan pentingnya perpustakaan hadir di tengah masyarakat

“Literasi hanya bisa didapat dengan membaca. Dan tanpa literasi masyarakat akan semakin tertipu dan daya nalarnya rendah,” terangnya. Maka dari itu dirinya berharap pentingnya kerjasama unsur-unsur pemerintah bersinergi mengajak masyarakat meningkatkan literasi.

 

Reportase: Eka Purniawati

Fotografer: Raden Radhityo

 

 



Diunggah oleh admin (2020-01-23 12:44:12)