|    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

17 Jan 2020

Kabupaten Banjar Sukses Lakukan Program Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial

Medan Merdeka Selatan, Jakarta- Perpustakaan Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan ikut berperan serta mensukseskan Program Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Program yang bertujuan agar masyarakat dapat memanfaatkan perpustakaan untuk meningkatkan kesejahteraan ini telah dilakukan sejak tahun 2017. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Banjar Yasna Khairina saat berkunjung ke Perpustakaan Nasional bersama jajaran DPRD Kab. Banjar, Jumat (17/1)

“Dengan bantuan DAK yang diberikan melalui Perpusnas, program pelatihan komputer sudah banyak dirasa manfaatnya. Bahkan kini sudah sampai pada Angkatan 38 dengan 1800 lebih perserta yang telah lulus,” sebutnya.

Tahun 2019 Kab. Banjar menerima 1,6 Milyar Dana Alokasi Khusus yang dipergunakan untuk mengoptimalisasi layanan di perpustakaan seperti ruang komputer, ruang audiovisual, dan ruang baca anak. Selain itu 2 unit mobil pustaka keliling juga telah diberikan pada tahun 2011 dan tahun 2018.  Namun Yasna tetap mengharapkan Perpusnas dapat terus mendukung Kab. Banjar untuk memperluas gedung serta menambah koleksi bacaan yang sesuai kebutuhan masyarakat.

Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando yang menerima langsung kunjungan tersebut memberikan apresiasi atas pencapaian Kab. Banjar. Dirinya mengatakan bahwa memang sangat penting menyediakan perpustakaan sebagai landasan masyarakat mencari pengetahuan.

“Dengan membaca maka literasi akan meningkat. Literasi bukan sekedar membaca 15 menit, tapi bagaimana mendapatkan kedalaman pengetahuan untuk menciptakan barang dan jasa,” jelas Syarif.

Syarif juga terus mendorong agar pemerintah daerah mengarahkan masyarakat tidak hanya membaca tapi juga menulis konten lokal tentang daerahnya sebagai koleksi yang merepresentasikan daerahnya. Sehingga suatu daerah dapat mengembangkan diri dan menjadi sumber pengetahuan bagi masyarakat daerah lain.

Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Minat Baca Deni Kurniadi menambahkan bahwa Perpusnas akan mendukung upaya yang dilakukan Pemerintah Kab. Banjar. “Semoga program yang dilakukan tidak hanya berhenti ditingkat kabupaten, tapi juga sampai tingkat kelurahan dan desa,” ungkapnya. Deni juga menghimbau agar bantuan yang diberikan dapat menjadi stimulan bagi daerah agar semakin berkembang.

 

Reportase: Eka Purniawati

Fotografer: Raden Radityo



Diunggah oleh admin (2020-01-17 15:11:05)