Call Center Gedung Fasilitas Layanan Perpusnas : 1500-914    

  |    |    |    

Bahasa Indonesia  |  English  

Berita

Beranda / Berita

02 Dec 2019

Pameran dan Peluncuran Buku Katalog Foto Seri Tokoh Negeri

Medan Merdeka Selatan, Jakarta—Gemulai tarian Mappadendang dan Goyang Ngamprok menandai awal pembukaan Pameran dan Peluncuran Buku Katalog Foto seri Sukarno di Perpustakaan Nasional. Sang Proklamator merupakan seri pembuka dari serangkaian pameran dan katalog foto tokoh-tokoh bangsa yang akan dipublikasikan oleh Perpusnas.

“Penerbitan publikasi koleksi arsip foto diarahkan sebagai pengembangan pelayanan arsip foto yang mengangkat figur utama perintis negeri untuk dapat dimanfaatkan seluas-luasnya oleh masyarakat,” terang Kepala Pusat Jasa dan Informasi Teguh Purwanto saat peresmian kegiatan.

Fokus utama dari publikasi yang diadakan Perpusnas tertuju kepada arsip foto dari Yayasan Idayu yang sejak tahun 2005 telah resmi menjadi koleksi Perpustakaan Nasional dan disimpan di ruang koleksi khusus Gedung Layanan Perpusnas di Jalan Medan Merdeka Selatan. Lebih dari 130 ribu lembar negatif dan cetakan foto yang menjadi arsip per awal 1987. Foto hibah tersebut merupakan himpunan aset yang berisi reproduksi foto bersejarah mayoritas hasil bidikan pewarta foto Indonesia Press Photo Service (IPPHOS).

Program terpadu ini dimulai dari serial Bung Karno dalam periode 1945-1950, yang akan dilanjutkan dengan publikasi-publikasi tokoh perintis, seperti Hatta, Sjahrir, Sultan Hamengku Buwono IX, Agus Salim.

 

Reportase : Hartoyo Darmawan

Fotografer : Rd. Radityo


 



Diunggah oleh admin (2019-12-10 13:52:01)